Aturan Pelarangan Hijab yang Memicu Ketegangan di India

Aturan Pelarangan Hijab yang Memicu Ketegangan di India

Grafis India
13 Februari 2022 11:13
BELUM lama ini pemerintah India mengeluarkan aturan yang melarang penggunaan hijab di lingkungan pendidikan. Aturan ini menimbulkan konflik di beberapa bagian negara India. Hal ini terjadi karena bagi siswi yang memaksa menggunakan hijab tidak akan mendapatkan layanan pendidikan. Banyak siswi muslim yang akhirnya harus berhenti mendapatkan haknya di dunia pendidikan karena tidak bisa melepaskan hijabnya.

Kondisi itu mendapat perhatian dunia setelah viral di dunia maya ketika seorang siswi melawan kerumunan yang melarang penggunaan hijab. Siswi tersebut terus mempertahankan hijabnya sambil melewati kerumunan yang meminta dia melepaskan hijabnya. Video yang viral itu menarik perhatian dunia karena memperlihatkan perlawanan perempuan muslim dalam melaksanakan hak kebebasan beragamanya dalam menggunakan hijab.

Peristiwa itu pun memicu terjadinya perlawanan di beberapa negara bagian India. Perlawanan ini menimbulkan gesekan dan konflik antara simpatisan Hindu sayap kanan dengan perempuan muslim. Bahkan beberapa sekolah ditutup untuk menghindari konflik lebih lanjut akibat aturan yang dibuat pemerintah India. Saat ini aturan ini sedang dievaluasi di pengadilan tinggi India setelah petisi yang dilakukan perempuan muslim India diterima oleh Pengadilan Tinggi India. Dokumentasi: Fokus Media Indonesia (IMR)
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif