Cerebral Palsy: Jenis, Gejala, Sampai Penanganannya, yang Kamu Harus Ketahui

Cerebral Palsy: Jenis, Gejala, Sampai Penanganannya, yang Kamu Harus Ketahui

Grafis Cerebral Palsy
01 Juli 2022 18:31
Jakarta: Cerebral Palsy (CP) merupakan sekelompok gangguan yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak dan menjaga keseimbangan dan postur. Kondisi ini umumnya terjadi pada masa kanak-kanak.

Kerusakan otak pada cerebral palsy bersifat permanen dan tidak bisa disembuhkan. Namun melansir dari CDC, ada perawatan yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan fungsi saraf yang mengatur pergerakan otot tubuh.

CP tidak memburuk dari waktu ke waktu, meskipun gejala yang tepat dapat berubah sepanjang hidup seseorang. Semua orang dengan CP memiliki masalah dengan gerakan dan postur.
 

Tanda awal cerebral palsy

Tanda utama bahwa seorang anak mungkin menderita CP adalah keterlambatan mencapai tonggak motorik atau gerakan (seperti berguling, duduk, berdiri, atau berjalan). Gejala CP bervariasi dari orang ke orang.

Seseorang dengan CP parah mungkin perlu menggunakan peralatan khusus untuk dapat berjalan, atau mungkin tidak dapat berjalan sama sekali dan mungkin memerlukan perawatan seumur hidup.

Jenis-jenis cerebral palsy
Dokter mengklasifikasikan CP menurut jenis utama gangguan gerakan yang terlibat.

Ada 4 jenis utama CP:

 

1. Cerebral palsy spastik

Jenis Cerebral palsy spastik ini paling umum dan memengaruhi berkisar 80 persen orang dengan CP. Orang dengan CP spastik mengalami peningkatan tonus otot. Artinya, otot-otot mereka kaku dan, akibatnya, gerakan mereka menjadi canggung. Misal, sulit berjalan, cacat intelektual, kejang, masalah dengan penglihatan, pendengaran, atau bicara.
 

2. Cerebral palsy diskinetik

Ini termasuk athetoid, koreoatetoid, dan palsi serebral distonik. Jenis ini, memiliki masalah dalam mengontrol gerakan tangan, lengan, kaki, dan tungkai, sehingga sulit untuk duduk dan berjalan. Terkadang wajah dan lidah terpengaruh dan orang tersebut mengalami kesulitan mengisap, menelan, dan berbicara.
 

3. Cerebral palsy ataksia

Cerebral palsy jenis ini memiliki masalah dengan keseimbangan dan koordinasi. Mereka mungkin goyah saat berjalan, mengalami kesulitan dengan gerakan cepat atau gerakan yang membutuhkan banyak kontrol, seperti menulis.
 

4. Cerebral palsy campuran

Beberapa orang memiliki gejala lebih dari satu jenis CP. Jenis CP campuran yang paling umum adalah CP spastik-diskinetik.
 

Perawatan cerebral palsy

Tidak ada obat untuk CP, tetapi pengobatan dapat meningkatkan kehidupan mereka yang memiliki kondisi tersebut. Perawatan umum termasuk obat-obatan, operasi, kawat gigi, dan terapi - fisik, okupasi, dan wicara.

Tidak ada pengobatan tunggal yang terbaik untuk semua anak dengan cerebral palsy. Sebelum memutuskan rencana perawatan, penting untuk berbicara dengan dokter anak untuk memahami semua risiko dan manfaatnya. (TIN)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif