Tips Membersihkan Mobil yang Terkena Abu Vulkanik

Tips Membersihkan Mobil yang Terkena Abu Vulkanik

Grafis Erupsi Gunung
11 Desember 2021 12:07
Jakarta: Hujan abu vulkanik akibat Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021, berdampak buruk untuk kendaraan. Jika sudah menempel, abu tersebut berpotensi merusak permukaan mobil.
 
Abu vulkanik adalah campuran partikel batuan, mineral, dan kaca yang dikeluarkan selama letusan gunung berapi. Ukuran abu ini sekitar 2 milimeter (mm) dan bertekstur kasar dan tajam.
 
Karena itu, perlu perhatian khusus ketika membersihkan mobil yang sudah terkena abu vulkanik. Salah sedikit, bodi atau kaca mobil pun berpotensi baret.

Berikut tips membersihkan mobil yang terselimuti abu vulkanik yang dirangkum Medcom.id:

1. Semprot atau siram mobil dengan air mengalir

Hal pertama yang harus dilakukan saat membersihkan mobil dari abu vulkanik adalah menyiram terlebih dulu dengan air yang mengalir dengan menggunakan selang. Volume air ini berguna mengangkat kotoran dari badan mobil.
 
Kemudian jangan mengusap mobil dengan kain saat menyiram bodi dan kaca. Hal ini dilakukan agar bodi mobil tidak mengalami baret. Siram juga lubang pembuangan atau knalpot jika terkena debu agar tidak menciptakan sumbatan.

2. Pakai air sabun atau shampoo mobil

Setelah menyemprot, gunakan sabun atau shampoo mobil. Pilihlah shampoo yang berfungsi menetralkan asam partikel abu vulkanik. Kemudian, usap permukaan dengan lembut dan periksa setiap celah agar sabun merat dan tidak ada kotoran tertinggal. Bilaslah mobil dengan menggunakan ember.

3. Keringkan mobil dengan lap kain lembut

Usai bilas, keringkan bodi kendaraan dengan menggunakan lap berserat lembut atau mikrofiber. Lap microfiber berguna untuk mengambil partikel yang lebih kecil yang mungkin terlewat.

4. Tutup mobil dengan car cover

Jangan lupa membungkus mobil dengan car cover agar terlindungi dari hujan abu vulkanik jika sewaktu-waktu kembali terjadi. Dok Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif