5 Keistimewaan di Bulan Syawal
5 Keistimewaan di Bulan Syawal
5 Keistimewaan di Bulan Syawal

5 Keistimewaan di Bulan Syawal

Grafis ramadhan
25 Mei 2020 16:35
Bulan Ramadan telah berakhir, dan sekarang kita memasuki bulan Syawal, bulan ke sepuluh dalam penanggalan hijriyah. Inilah beberapa keistimewaan di bulan Syawal:

1. Bulan kembali ke fitrah

Bulan Syawal adalah bulan kembalinya umat Islam kepada fitrahnya, bulan dimana diampuni semua dosanya, setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh. Datangnya bulan Syawal membawa kemenangan bagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam menjalani ibadah puasa sepanjang Ramadan.

2. Penyempurnaan Pahala dari Puasa Setahun Penuh

Puasa enam hari di buian Syawal setelah Ramadhan, merupakan pelengkap dan penyempurnaan pahala dari puasa setahun penuh. Hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

3. Bulan Pembuktian Takwa

Setelah Ramadhan berlalu, pada bulan Syawal lah “pembuktian” berhasil-tidaknya ibadah selama bulan Ramadhan, yang bertujuan untuk meraih derajat takwa.

4. Anjuran Menikah di Bulan Syawal

‘Aisyah radiallahu ‘anha istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

Sebab Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam menikahi ‘Aisyah di bulan Syawwal adalah untuk menepis anggapan bahwa menikah di bulan Syawwal adalah kesialan dan tidak membawa berkah. Ini adalah keyakinan dan aqidah Arab Jahiliyah. Ini tidak benar, karena yang menentukan beruntung atau rugi hanya Allah Ta’ala.

5. Bulan Silaturahmi

Bulan Syawal identik dengan amaliah silaturahmi, meski saat ini wabah COVID-19 sedang melanda hampir di semua negara di Dunia, tetapi tidak menghalangi kita untuk saling mengirimkan doa kepada keluarga, saudara, dan sahabat.
(BEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif