Ilustrasi salah satu objek wisata halal RI Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh - - Foto: Medcom/ Fajri Fatmawati
Ilustrasi salah satu objek wisata halal RI Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh - - Foto: Medcom/ Fajri Fatmawati

Kalahkan Arab Saudi, Wisata Halal RI Naik ke Peringkat 2

Insi Nantika Jelita • 02 Juni 2022 10:33
Jakarta: Pariwisata Indonesia tercatat naik ke peringkat kedua dalam The Global Travel Muslim Index (GMTI) 2022. Ini menunjukkan besarnya potensi serta daya saing wisata halal Indonesia.
 
“Indonesia naik peringkat ke ranking kedua setelah tahun sebelumnya di peringkat keempat,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, Kamis, 2 Juni 2022.
 
Indonesia mengalahkan posisi Arab Saudi di peringkat ketiga, Turki posisi keempat, dan Uni Emirates Arab di posisi kelima. Sementara posisi pertama ditempati negara Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenparekraf menyebut, berdasarkan data pada 2019, umat Islam di seluruh dunia menghabiskan total USD2,02 triliun untuk belanja makanan, kosmetik farmasi, fesyen, travel, dan rekreasi.
 
Pasar muslim global diperkirakan akan tumbuh hingga USD2,4 triliun pada 2024. Sejumlah pengeluaran terbesar bagi konsumen muslim adalah pada makanan dan minuman halal.
 
"Menurut saya kita harus menciptakan peluang-peluang usaha berbasis halal tourism," kata dia.
 
Ada beberapa destinasi (wisata) yang diunggulkan Kemenparekraf, seperti Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Lombok, dan Kalimantan Selatan sebagai destinasi unggulan," kata Sandiaga Uno.
 
"Kita ingin menciptakan banyak lapangan kerja dengan beberapa kegiatan yang mudah-mudahan mampu membangkitkan ekonomi dari segmen wisata halal ini," pungkasnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Fazal Bahardeen menyerahkan secara langsung penghargaan "Halal Travel Personality of The Year" dari Crescentrating & Halaltrip Tahun 2022" kepada Menparekraf RI.
 
Ia mengungkapkan terpilihnya Sandiaga Uno atas penghargaan tersebut karena dianggap menjadi sosok penggerak dalam pengembangan wisata halal di Indonesia.
 
"Sejak Sandiaga mengambil alih Kemenparekraf, ia berada di garis depan dalam meningkatkan kesadaran pasar pariwisata halal. Kontribusinya telah membantu para pemangku kepentingan perjalanan di Indonesia," ucapnya.
 
Sandiaga berharap penghargaan tersebut mampu mendorong upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta pembuka lapangan kerja.
 
"Kami berharap penghargaan ini akan membuka lapangan kerja dan memulihkan ekonomi lewat halal tourism," tuturnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif