Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Indonesia Ranking Kedua GTMI 2022, Sandiaga Genjot Wisata Halal

Insi Nantika Jelita • 02 Juni 2022 17:17
Jakarta: Indonesia menempati peringkat kedua di The Global Travel Muslim Index (GMTI) 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap hal tersebut membawa dampak positif untuk Indonesia.
 
"Kami berharap penghargaan ini akan membawa kepulihan, membuka lapangan kerja dan Insya Allah memulihkan ekonomi lewat halal tourism," kata Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis, Kamis, 2 Juni 2022.
 
Indonesia mengalahkan posisi Arab Saudi di peringkat ketiga, Turki posisi keempat, dan Uni Emirates Arab di posisi kelima. Sementara itu, posisi pertama diraih Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data 2019, umat Islam di seluruh dunia menghabiskan total USD2,02 triliun untuk belanja makanan, kosmetik farmasi, fesyen, travel, dan rekreasi. Pasar muslim global diperkirakan tumbuh hingga USD2,4 triliun pada 2024. Sejumlah pengeluaran terbesar bagi konsumen muslim adalah pada makanan dan minuman halal.
 
Baca: Kalahkan Arab Saudi, Wisata Halal RI Naik ke Peringkat 2
 
"Menurut saya kita harus menciptakan peluang-peluang usaha berbasis halal tourism," kata Sandiaga.
 
Ada beberapa destinasi wisata yang diunggulkan Kemenparekraf, seperti Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Lombok, dan Kalimantan Selatan. Seluruh daerah tersebut merupakan destinasi wisata unggulan.
 
"Kita ingin menciptakan banyak lapangan kerja dengan beberapa kegiatan yang mudah-mudahan mampu membangkitkan ekonomi dari segmen wisata halal ini," pungkasnya.
 
 
Halaman Selanjutnya
Founder & CEO Crescentrating &…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif