Nita Christina. FOTO: Tokopedia
Nita Christina. FOTO: Tokopedia

Mengintip Cerita Sukses Clouwny: Fesyen Anak Muda yang Menarik dengan Harga Terjangkau

Angga Bratadharma • 02 Februari 2023 18:57
Jakarta: Mempunyai pakaian dengan desain dan model yang menarik disertai harga terjangkau sudah menjadi impian banyak orang. Namun, tak jarang hal tersebut bertolak belakang karena biasanya prinsip 'ada barang ada uang' berlaku. Tapi kondisi itu justru menjadi peluang bisnis untuk digarap karena potensi pasarnya terbilang besar.
 
Peluang bisnis itu yang akhirnya dilihat Nita Christina. Ia menilai ada cuan yang bisa dikeruk dari desain dan model yang keren dengan harga terjangkau. Apalagi, konsep itu menjadi pertimbangan utama masyarakat secara umum, termasuk bagi pelajar yang masih mengandalkan uang dari orangtua atau mereka yang baru lulus dengan penghasilan terbatas.
 
Karenanya, pada 2013 dan dengan modal usaha sebesar Rp3 juta ia mendirikan bisnis dengan brand bernama Clouwny. Dengan kepiawaiannya, kini usaha fesyen miliknya sudah menjelma menjadi salah satu fesyen populer di kalangan muda. Bahkan, ia mempunyai 20 orang karyawan dan sudah menjual produknya hingga ke seluruh Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal mula ia mencicipi bisnis fesyen lantaran di 2013 dirinya mengamati bahwa pakaian dengan desain dan model yang menarik untuk anak muda cenderung mahal. Sedangkan sebagai seorang fresh graduate kala itu, Nita mempunyai uang terbatas untuk membeli baju-baju tersebut. Hal itu yang membuat ia memikirkan untuk memiliki merek fesyen yang affordable.
Baca: 5 Tips Membangun Bisnis Jastip, Bisa Lho Dicoba..

Namun, karena modal yang dimiliki tidak terlalu besar atau sekitar Rp3 juta maka awalnya bisnis tersebut dilakukan secara Pre Order (PO) atau tidak bisa langsung ready stock. Sedangkan modelnya sendiri mengikuti selera pakaian Nita saat itu. Tujuannya selain dijual juga untuk memproduksi pakaian yang bisa dipakai sendiri oleh Nita.
 
Seiring waktu, dengan tim Clouwny bertambah dan terdiri dari anak muda maka ide desain mulai berubah. Nita sering berdiskusi dengan tim, khususnya terkait pemilihan model dan bahan. Tak hanya itu, riset juga dilakukan guna mengikuti tren yang sedang terjadi sekarang ini sehingga menghadirkan model pakaian yang relevan dan sesuai dengan keinginan para pelanggan.
 
Lantaran proses ide dan produksi terbilang cepat maka produksi yang dilakukan dalam jumlah terbatas. Alhasil, setiap kali ada produk baru membuat pelanggan biasanya menyerbu atau cepat-cepatan membeli. Dengan kata lain, siapa cepat dia dapat.

Fokus jualan online

Terkait pemasaran, Nita bersama tim sudah fokus berjualan secara online. Bahkan, diakui Nita konsep itu dilakukan sebelum orang-orang terbiasa untuk belanja online seperti sekarang ini. Pengalaman itu yang membuat Nita cukup terlatih dalam memasarkan produk secara online, termasuk meyakinkan para pembeli untuk membeli produk hanya dengan melihat foto produk.
 
Namun, konsep pemasaran itu tak hanya memajang foto produk. Nita memiliki strategi yang masih dipertahankan sampai sekarang yakni membuat sesi review produk-produk yang dikeluarkan melalui media sosial supaya pembeli merasa lebih dekat dengan Clouwny.
 
Bahkan, sebelum ada tren live seperti sekarang, Clouwny sudah menerapkan strategi tersebut untuk membangun kepercayaan para pelanggannya. Hal itu dilakukan lantaran target pasar Clouwny adalah anak muda usia 22-34 tahun yang memang banyak menghabiskan waktu di layar gadget.
Baca: Ide Bisnis Jastip Bisa Jadi Cara Cuan Ibu-Ibu, Gimana Caranya?

Tak berhenti sampai di situ. Strategi pemasaran juga diperluas dengan menggunakan e-commerce. Nita pun menjatuhkan pilihan hati kepada Tokopedia. Pemilihan Tokopedia karena tampilannya yang dianggap Nita simpel dengan UI/UX yang nyaman dan mudah untuk digunakan. Hal itu membuatnya sangat mudah memantau dasbor penjualan atau memproses pesanan.
 
Selain itu, Tokopedia punya banyak fitur yang sangat membantu kegiatan operasional sehari-hari. Saat ini, misalnya, Clouwny menggunakan 'Dilayani Tokopedia' untuk menyetok produk di Medan dan Surabaya sehingga pelanggan di dua kota itu bisa menerima pesanan dengan lebih cepat dan ongkos kirim yang lebih murah atau tidak perlu menunggu dikirim dari Jakarta.

 
Lebih lanjut, Nita mengajak para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mau berbisnis online untuk tidak takut dan mau mencoba suatu hal yang baru. Nita sudah membuktikan keputusannya untuk berjualan secara online termasuk berkolaborasi dengan Tokopedia bisa mengembangkan bisnisnya sekarang ini.
 
Apalagi, Nita dengan antusiasme menceritakan Clouwny sangat senang bisa diajak berkolaborasi untuk kampanye Tokopedia Fashion Week! Keikutsertaan Clouwny dinilai Nita menjadi sebuah pencapaian karena dengan kata lain Clouwny dilirik dan dipercaya oleh Tokopedia selama ini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif