Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/Kemenparekraf.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/Kemenparekraf.

Kemenparekraf Tak Biayai Merek Lokal di Acara Fesyen Paris

M Sholahadhin Azhar • 15 Maret 2022 19:47
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, merespons polemik brand atau merek lokal di acara fesyen Paris. Sandiaga menegaskan tak ada sepeser pun uang yang dikeluarkan pihaknya untuk membiayai merek lokal di sana.
 
“Tidak satu rupiah-pun dana dari pemerintah melalui Kemenprkraf yang membiayai kunjungan dari jenama-jenama tersebut di Paris,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Menurut dia, Kemenparekraf mempunyai tugas dan fungsi membina dan mendorong para jenama-jenama yang merupakan talenta terbaik bangsa. Bukan hanya melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia, tapi juga go international dan go global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Produk Lokal Mejeng di Paris Fashion Week Tuai Kritik, Ini Kata Sandiaga
 
“Tahun lalu sebagian kita fasilitasi ke New York di Time Square, sebagian juga tahun ini datang dengan beberapa langkah-langkah kolaborasi yang luar biasa. Tapi kami, memfasilitasinya dari segi memberi semangat dan inspirasi, memfasilitasi komunikasi dengan KBRI, pengurusan visa,” ujar Sandiaga.
 
Dia menjelaskan dukungan Kemenparekraf terhadap produk lokal ke kancah global bukan lah yang pertama. Saat di bangku sekolah, Sandiaga bercerita soal ibundanya, Mien R Uno yang berpartisipasi aktif dalam promosi pada event-event international.
 
"Jenama-jenama ini perlu kita apresiasi, karena mereka ikut berkontribusi dari segi peningkatan ekspor, produk ekonomi kreatif kita yang tahun lalu menembus USD21 miliar, dan sebagian besar dari subsektor fashion,” kata Sandiaga.
 
Dia berharap Kemenparekraf bisa mendorong produk-produk ekonomi kreatif dan fashion ke pasar global dan membangkitkan ekonomi, serta membuka lapangan kerja.  Di sisi lain, ia juga akan membela dan memastikan reputasi Indonesia di mata dunia akan semakin baik.
 
“Karena setiap jenama itu, antara 50-70 lapangan kerja (yang diciptakan). Kami, akan berpihak pada UMKM ini, dan akan kami beli dan pastikan reputasi Indonesia di mata dunia semakin baik, dan produk kita semakin diterima,” tegas Sandiaga.
 
Acara Paris Fashion Week (PFW) menjadi diperbincangkan di tanah air saat brand atau merek lokal mengklaim menjadi bagian dalam acara fashion itu. Padahal, acara yang mereka hadiri berbeda dengan Paris Fashion Week yang diselenggarakan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM).
 
Dampaknya, brand-brand lokal itu dihujani kritik oleh berbagai pihak hingga dianggap membodohi masyarakat.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif