Ilustrasi (MI/RAMDANI)
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Antam Kuasai Seluruh Saham Indonesia Chemical Alumina

Ekonomi harga emas antam
Nia Deviyana • 29 Desember 2018 11:01
Jakarta: PT Aneka Tambang Tbk atau Antam menandatangani akta perjanjian jual beli saham PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) dari Showa Denko K.K (SDK) Jepang. Dengan demikian, Antam kini memiliki 100 persen saham ICA, di mana sebelumnya Antam memiliki porsi 80 persen dan SDK 10 persen.

"Antam berbangga dapat menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelian keseluruhan saham ICA yang merupakan bagian dari proses negosiasi dan evaluasi secara menyeluruh yang dilakukan oleh kedua belah pihak," ujar Direktur Keuangan Antam Dimas Wikan Pramudhito di Jakarta, dalam keterangan resmi yang diterima Medcom, Sabtu, 29 Desember 2018.

Dimas menuturkan penandatanganan ini menjadi refleksi atas komitmen perusahaan dalam rangka memperkuat portofolio produk hilir Antam, yakni alumina. "Dengan kepemilikan 100 persen atas ICA, Antam berkomitmen terhadap optimalisasi pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) dalam menghasilkan produk berkualitas," tutur dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Antam dan SDK telah menyelesaikan kewajiban-kewajiban sebagai pemegang saham sesuai dengan yang tertuang dalam Conditional Share Purchase Agrement (CSPA) yang ditandatangani pada 29 Mei 2018. Adapun pokok-pokok dalam CSPA tersebut mencakup pembayaran kewajiban kepada kreditur, kewajiban pajak, dan pengelolaan lingkungan. Selain itu, juga mencakup perbaikan pabrik, termasuk pemberian paten milik SDK kepada ICA untuk proses produksi dan produk yang terdaftar di 36 negara. Transaksi jual beli saham SDK di ICA kepada Antam dilakukan dengan nilai pembelian yang telah disepakati dalam perjanjian sebesar USD1.

"Dengan adanya transfer teknologi, pengembangan produk, serta dukungan pemasaran, perusahaan optimistis komoditas alumina Antam tetap memiliki daya saing global dan dapat memberikan nilai ekonomi yang positif bagi perusahaan dan pemegang saham," pungkasnya.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi