Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang (kanan) bersama kepala desa Desa Kutuh. Foto : Medcom/Nur Azizah.
Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang (kanan) bersama kepala desa Desa Kutuh. Foto : Medcom/Nur Azizah.

Bank Mandiri Gelontorkan Rp2,47 Triliun untuk KUR Sektor Pariwisata

Ekonomi bank mandiri
Nur Azizah • 12 September 2019 15:01
Bali: PT Bank Mandiri (Persero) telah menggelontorkan Rp2,47 triliun pada 32,416 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terkait dengan pariwisata pada periode Januari-Agustus 2019.
 
Sebaran usaha yang menjadi obyek pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pariwisata Bank Mandiri meliputi usaha penyediaan akomodasi (homestay) dan usaha kerajinan souvenir/makanan oleh-oleh khas. Adapula usaha restoran, kafe atau rumah makan, serta usaha penyewaan transportasi.
 
Menurut Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang, keberadaan UMKM penunjang sektor pariwisata penting untuk memastikan kenyamanan wisatawan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semakin banyaknya UMKM yang terlibat akan mendorong terjadinya persaingan yang sehat serta berdampak pada peningkatan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan. Di sisi lain, ketersediaan dukungan optimal dari pelaku UMKM juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan,” kata Donsuwan dalam Talkshow tentang Dukungan Bank Mandiri pada Pengembangan UMKM Sektor Wisata di Balai Desa Adat Kutuh, Badung Selatan di Bali, Kamis, 12 September 2019.
 
Donsuwan mengatakan besaran KUR yang dikucurkan bukti komitmen Bank Mandiri membangun geliat pariwisata. Ia juga menyebut KUR bukti kesungguhan Bank Mandiri untuk menjadi penyalur pembiayaan segmen mikro terbesar kedua di Tanah Air.
 
Saat ini, tambah Donsuwan, pembiayaan KUR Mandiri telah menjangkau tujuh dari 10 lokasi destinasi wisata yang diprioritaskan menjadi The New Bali. Ketujuh lokasi tersebut ialah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Bromo Tengger, Borobudur dan Mandalika.
 
"Total limit pembiayaan Rp251 miliar kepada 3.114 UMKM," ujar Donsuwan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif