Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.
Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.

Revisi 18 Regulasi Kemenperin Rampung Pekan ini

Ekonomi kementerian perindustrian
Ilham wibowo • 14 Oktober 2019 16:26
Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mendorong kehadiran investasi dengan memangkas regulasi yang dianggap menghambat. Prosesnya tengah dikebut agar bisa langsung diimplementasikan sebelum pelantikan kabinet baru.
 
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memaparkan akan ada 18 regulasi yang siap direvisi dalam upaya meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Sebanyak enam peraturan menteri di antaranya bakal dilakukan penyederhanaan.
 
"Kami sedang finalisasi penghapusan 18 regulasi dan penyederhanaan 6 peraturan, mudah-mudahan sebelum Jumat pekan ini sudah beres," kata Airlangga di gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemangkasan regulasi ini juga nantinya bakal terintegrasi penerapan omnibus law yang tengah disusun Pemerintah. Menurut Airlangga, aturan yang direvisi lebih banyak terkait pada impor barang modal yang dilakukan pelaku usaha yang terdaftar di Angka Pengenal Impor Produsen (APIP).
 
"Ada beberapa hal yang terkait untuk bahan baku industri, untuk APIP itu kita akan lepaskan, itu cukup dengan Permenperin," kata Airlangga.
 
Sektor yang paling banyak menerima perubahan yakni industri baja. Sektor ini dinilai penting lantaran produk turunan yang potensial dan berorientasi ekspor seperti otomotif.
 
"Kebanyakan logam, baja. Sudah dibicarakan dengan asosiasi," tuturnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif