Perang Dagang AS-Tiongkok, Menko Darmin: Fokus Urusan Kita Saja

Eko Nordiansyah 21 Juni 2018 11:45 WIB
Perang dagang
Perang Dagang AS-Tiongkok, Menko Darmin: Fokus Urusan Kita Saja
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan Indonesia tak akan terlibat banyak dengan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Menurutnya, Indonesia lebih baik mempersiapkan diri untuk memanfaatkan perang dagang global.

Darmin menyebut Indonesia tetap memperhatikan perkembangan global termasuk perang dagang antara AS dengan Tiongkok. Meski begitu Indonesia fokus untuk menyeimbangkan neraca berjalan yang masih mengalami defisit.

"Tidak perlu terlalu fokus pada perang dagangnya itu. Kita fokus pada urusan kita saja. Artinya kita harus cari jalan untuk kembalikan current account negatif, di satu pihak karena impornya naik tajam," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Juni 2018.

Dirinya menambahkan, pemerintah saat ini mendorong ekspor yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam saja. Selain itu, pemerintah juga menggelontorkan banyak dana untuk pembangunan infrastruktur demi meningkatkan daya saingnya.

"Kira-kira itu yang disiapkan pemerintah. Walaupun ada perang dagang ya kita enggak senang, tapi kita enggak bisa bilang jangan," jelas dia.

Lebih lanjut, Darmin berharap Indonesia bisa mengambil keuntungan dari perang dagang antar negara maju. Meskipun dirinya mengakui kondisi tersebut juga akan memberikan dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia.

"Tapi walaupun perang dagang itu sesuatu yang merugikan, kami tidak bisa banyak berbuat. Itu kan antara Tiongkok AS, Eropa, (Indonesia) enggak bisa bicara. Ya biar kami cari keuntungan bagi kami," pungkasnya.

 



(AHL)