Luncurkan HPI, BTN Beri Informasi Harga Rumah Secara Terkini

Husen Miftahudin 13 September 2018 13:29 WIB
btn
Luncurkan HPI, BTN Beri Informasi Harga Rumah Secara Terkini
Direktur Utama BTN Maryono. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan indeks harga rumah atau House Price Index (HPI) yang bisa digunakan semua pihak dalam perkembangan harga rumah. BTN HPI menunjukkan indeks perkembangan harga rumah secara rinci, dari tingkat nasional hingga tingkat kabupaten/kota.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan HPI bisa digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi harga rumah secara terkini. Pasalnya, penyusunan HPI dikelola oleh tim riset Housing Finance Center (HFC) BTN dengan metode matched sales menggunakan data penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN di seIuruh wilayah Indonesia.

"Penyajian HPI sesuai dengan kondisi riil di lapangan agar pemerintah dapat memanfaatkannya untuk meramu kebijakan di sektor properti ke depan. Di sisi pengembang, HPI bisa menentukan pengembangan tipe perumahan yang tepat dan harga yang sesuai dengan harga pasar," ujar Maryono di Menara BTN, Jalan Gadjah Mada No. 1, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.

Maryono menjelaskan, metode perhitungan HPI dimodifikasi dari chained fisher menjadi matched sales. Metode ini sesuai dengan karakteristik data KPR yang dimiliki BTN.

"Data yang diambil lebih komprehensif, tidak sekadar penjualan rumah semata tapi juga melihat karakteristik rumah seperti luas, kualitas bangunan, posisi, dan fasilitas umum serta sosial di lingkungan rumah," bebernya.

Kemudian, pengolahan data menghitung penjuaIan rumah dengan membandingkan pertumbuhan nilai rumah dengan harga dua atau lebih rumah yang berbeda. Data tersebut diyakini memiIiki karakteristik dan kualitas yang sama.

"Hasilnya, BTN HPI memperlihatkan tren pertumbuhan harga rumah yang secara gradual terus naik. Berbeda dengan HPI sebelumnya yang cenderung fluktuatif," pungkas Maryono.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id