Illustrasi - - Foto: Metrotvnews.com/Ismail.
Illustrasi - - Foto: Metrotvnews.com/Ismail.

Komisi IV Dorong Hilirisasi Petani

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 13 September 2018 11:57
Jakarta: Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendorong hilirisasi produk pertanian guna mewujudkan kedaulatan dan meningkatkan kesejahteraan petani.  Hal itu sesuai dengan program Nawacita yang digulirkan Presiden Joko Widodo.

"Sehingga ketergantungan impor kita sebisa mungkin harus terus berkurang,” kata Daniel dikutip dari dpr.go.id, Kamis 13 September 2018.

Menurutnya, hilirisasi tak cuma memberikan nilai tambah tetapi juga meningkatkan kualitas petani. Artinya, petani  tidak hanya sekadar produsen, tapi diarahkan menjadi pengolah industri pangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Ia meyakini cara tersebut mampu menurunkan kemiskinan dan mewujudkan ekonomi berkualitas bagi petani. “Kita juga mendorong agar petani dan kelompok-kelompok tani juga memiliki industri pangan Sehingga nantinya mereka bisa langsung menjual produk beras kemasan langsung kepada konsumen,” ungkap dia. Selain hilirisasi, legislator asal dapil Kalimantan Barat ini juga mendorong terwujudnya manajemen air nasional guna meningkatkan produksi pangan Indonesia.

Sebagai contoh dari 500 hektar sawah di Kalimantan Barat, hanya 100 ribu hektar yang memiliki irigasi. Sementara, 400 ribu hekar lahan lainnya merupakan areal tadah hujan.

“Bila irigasi dilakukan terhadap 400 ribu hektar itu, maka dengan hanya Kalimantan Barat saja, bisa memenuhi tambahan 4 juta ton beras. Jadi kita tidak perlu impor, malahan kita bisa melakukan ekspor beras,” pungkasnya.


(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi