Ilustrasi. FOTO: MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Ilustrasi. FOTO: MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Pemerintah Diminta Terbitkan Aturan Pembibitan Komoditas Pangan

Ekonomi kedaulatan pangan pangan ketahanan pangan
Desi Angriani • 05 November 2019 10:27
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah menerbitkan aturan pembibitan dan pembenihan komoditas pangan secara nasional. Hal ini demi menciptakan daya saing pertanian dan industri pangan dalam negeri.
 
"Pemerintah perlu mengeluarkan payung kebijakan yang mengatur tentang pembibitan dan pembenihan komoditas pangan agar dapat terkoordinasi mulai dari pengadaan, pendistribusian, penyimpanan hingga cara menanamnya," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja di Hotel Kempinsky, Jakarta, Selasa, 5 November 2019.
 
Tata kelola pembibitan dan pembenihan komoditas pangan saat ini belum terstandarisasi. Bibit dan benih yang beredar masih beragam dengan sertifikasi yang terbatas. Akibatnya, harga bibit dan benih menjadi mahal lantaran kekurangan pasokan harus dipenuhi melalui impor. Padahal, banyak bibit impor tidak sesuai dengan kebutuhan para petani.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itu butuh insentif juga diperlukan dalam pengembangan industri pembibitan dan pembenihan. Tata dagang bibit dan benih yang baik serta penangkar benih yang terlatih dan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga bibit dan benih mudah didapat, dengan harga terjangkau," tuturnya.
 
Ia menambahkan edukasi kepada petani soal penggunaan pupuk berimbang untuk sejumlah komoditas terbukti berhasil meningkatkan produktivitas pertanian. Di samping itu, pemanfaatan teknologi pertanian yang tepat juga penting untuk mentransformasi pertanian nasional di tengah perubahan iklim.
 
"Perubahan iklim menyebabkan kenaikan suhu yang cenderung meningatkan hama tanaman dan merubah pola curah yang berdampak pada menurunnya produksi pangan," pungkas Franky.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif