Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : MI/Susanto
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : MI/Susanto

100 Hari Pertama, Yasin Limpo Targetkan Benahi Data Pertanian

Ekonomi kementerian pertanian Kabinet Jokowi-Maruf
Ilham wibowo • 25 Oktober 2019 13:01
Jakarta: Syahrul Yasin Limpo resmi menjalankan tugas di Kabinet Indonesia Maju usai menjalani serah terima jabatan sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Acara sertijab langsung dilakukan oleh pejabat sebelumnya yakni Amran Sulaiman.
 
"Hari ini saya secara resmi melakukan serah terima dengan Pak Amran, kami telah sepakat apa yang telah dilakukan beliau yang baik-baik itu akan kita teruskan," kata Syahrul di Auditorium Gedung F, Kementan, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Pekerjaan sebagai Mentan dinilai merupakan posisi yang strategis lantaran menghadapi masalah yang kompleks. Kebijkan yang digulirkan pun harus langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Negara yang punya daya tahan adalah negara yang punya daya tahan pertanian, saya berusaha kerja sekuat-kuatnya sekeras-kerasnya agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi negeri ini," ujarnya.
 
Syahrul berjanji merampungkan satu data pertanian dalam 100 hari pertama kerjanya. Satu data yang dimaksud terkait dengan data produksi, luas panen, dan data komoditas.
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) akan jadi acuan dengan penyempurnaan masukan dari pemerintah daerah, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan, hingga lurah dan desa. Langkah ini demi memuluskan langkah pemerintah untuk swasembada pangan dan pertanian berkaitan dengan perut 267 juta rakyat Indonesia.
 
"Saya berharap pertanian bisa lebih maju dari yang ada, tidak boleh mundur. Saya berharap besok kita makin kuat dan mandiri di bidang pertanian," tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu, Amran Sulaiman menyampaikan perpisahan terkahir kepada jajaran Kementan. Ia meyakini, di tangan Syahrul Kementan bisa menangani pengembangan sektor pertanian nasional dengan baik.
 
"Pak Sahrul beliau saudara saya, kakak saya, sering diskusi tentang pertanian dan kami yakin beliau bisa bawa pertanian jauh lebih baik," ucapnya.
 


 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif