Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. ANT/Sigid Kurniawan.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. ANT/Sigid Kurniawan.

Pemerintah Cari Cara Antisipasi Kemarau Panjang ke Inflasi

Ekonomi kemarau
Eko Nordiansyah • 10 Juli 2019 20:36
Jakarta: Pemerintah mencari cara untuk mengantisipasi kemarau panjang yang diperkirakan bakal menganggu produksi pangan. Jika produksi pangan terganggu, maka gejolak inflasi bisa saja terjadi karena harga pangan melonjak saat terjadi kelangkaan pasokan.
 
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan komponen terbesar inflasi di Indonesia adalah harga pangan bergejolak. Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi hal tersebut.
 
"Jadi kita harus benar-benar antisipasi musim kekeringan yang mungkin agak di luar dari kebiasaan," kata Bambang usai rapat koordinasi di Gedung Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyebutkan sejumlah komoditas berpotensi menyumbang inflasi saat kemarau panjang. Untuk itu, pemerintah perlu memperbaiki tak hanya produksi tetapi juga distribusi agar pasokan tak terganggu.
 
"Kita akan menata ekosistem lebih bagus, tidak hanya konsentrasi di produksi misalnya tapi lebih kepada bagaimana jalur distribusi yang lebih efisien, penyiapan gudang untuk beberapa komoditas yang mudah busuk," jelas dia.
 
Beberapa komoditas yang bisa memicu inflasi adalah cabai merah, cabai rawit, dan beras sehingga diperlukan antisipasi yang tepat dari pemerintah. Khusus untuk beras, Perum Bulog memastikan stok yang ada saat ini mencukupi sampai akhir tahun.
 
"Kan sampai Desember sudah aman. Prediksinya ke depan kan masih punya. Kalau Desember masih 1,5 juta ton, ya berarti masih aman. Jangan khawatir lah," kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif