Sejumlah Proyek Infrastruktur Nasional Diresmikan Akhir Tahun

Ilham wibowo 27 November 2018 15:15 WIB
infrastrukturpresiden jokowi
Sejumlah Proyek Infrastruktur Nasional Diresmikan Akhir Tahun
Presiden Joko Widodo - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sebagian besar proyek infrastruktur nasional telah rampung. Semua akan diresmikan dan dioperasikan serentak pada Desember 2018.

"Bulan depan, kita resmikan infrastruktur-infrastruktur yang telah kita bangun selama 4 tahun ini," kata Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum, di JCC, Senayan Jakarta, Selasa, 27 November 2018. 

Percepatan infrastruktur secara masif bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019. Menurut Jokowi, peresmian pertama dimulai dari proyek jalan tol Jakarta-Surabaya. 

"Desember 2018, tol Jakarta-Surabaya tersambung, untuk ruas tol Merak-Banyuwangi selesai akhir 2019," terang Jokowi.

Pengerjaan jalan bebas hambatan Bakauheni-Terbanggi Besar pun dijamin rampung akhir tahun. Jokowi juga meminta pengerjaan ruas tol Bakauheni-Palembang, dikebut agar selesai sebelum Juni 2019.

Jokowi mengatakan, tol Bakauheni-Palembang membentang sepanjang 350 kilometer. Proyek ini diagendakan selesai Juni 2019. Tapi, Jokowi menawar agar proyek kelar pada April 2019. "Biar ada manfaatnya saat Lebaran."

Selain tol, pada akhir tahun, Pelabuhan Kuala Tanjung juga resmi dioperasikan. Menyusul pelabuhan-pelabuhan lain pada 2019.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) juga diminta menjadi fokus pengerjaan. Penambahan landasan pacu diproyeksikan bisa menambah rute penerbangan langsung internasional. 

"Runway ketiga Soetta sedikit terhambat mungkin di pertengahan 2019. Kita rasakan mau naik saja tunggu 30 menit, turun juga muter-muter di atas sehingga permintaan slot pesawat datang ke Indonesia terlambat semuanya," tandasnya. 

 



(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id