2019, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Diharap Bisa Diresmikan
Presiden Joko Widodo. (FOTO: MI/Amiruddin)
Jakarta: Presiden Joko Widodo menargetkan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar bisa diresmikan tahun depan.

"Bakauheni-Terbanggi Besar supaya bisa kita pakai untuk mudik Lebaran. Tapi juga termasuk untuk pemilu," lanjut Jokowi dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.

Selain itu Jokowi juga menargetkan beberapa proyek infrastruktur, utamanya jalan tol, bakal rampung dan bisa dioperasikan akhir tahun ini. Adapun dirinya bakal menyambungkan jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya di akhir 2018.

"Saya sudah minta sebelum Natal akan Saya resmikan," kata Jokowi dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.

Selain itu tol Trans Sumatera untuk ruas tol Lampung-Palembang akan tersambung di akhir tahun. Jokowi mengatakan kontraktor menjanjikan ruas tol tersebut bisa selesai di akhir Juni. Namun mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar penyelesaiannya dikebut menjadi April 2019.

"Saya minta April, kenapa?" tanya Jokowi seraya mengetes para tamu dalam acara tersebut bahwa April sudah masuk pada Pilpres 2019.

Selain tol, lanjut Jokowi, Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara juga bisa diresmikan di akhir tahun ini. Adapun untuk Pelabuhan Baru Makassar (Makassar New Port) akan diresmikan Januari 2019.

"Saya juga enggak tahu kenapa semua selesainya menjelang pemilu," ucap dia.

Sementara terkait dengan landasan pacu (runway) tiga di Bandara Soekarno Hatta, kata dia, memang tidak bisa dikebut di akhir tahun ini lantaran terganjal pembebasan lahan. Namun dia meminta agar bisa rampung di pertengahan tahun depan.

"Karena memang banyak sekali permintaan untuk terbang ke Indonesia, terbang ke Jakarta dari Qatar, Singapura, Thailand, India namun kita tidak bisa memberikan. Inilah keterlambatan untuk kita bangun infrastruktur," jelas Jokowi.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id