Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - - Foto: Dok Kementrian Perindustrian
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - - Foto: Dok Kementrian Perindustrian

Menperin Raih Penghargaan Herman Johannes Award 2019

Ekonomi penghargaan kementerian perindustrian
Desi Angriani • 23 Februari 2019 11:20
Jakarta: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meraih penghargaan Herman Johannes Award 2019 dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Penghargaan tersebut diraih atas kiprahnya meletakkan dasar strategis untuk membawa bangsa Indonesia memasuki era industri 4.0.
 
Airlangga mengaku bangga sekaligus terharu mendapatkan penghargaan tersebut. Ia tak menyangka kembali lagi ke UGM setelah 30 tahun untuk acara resmi rapat senat terbuka tersebut.
 
“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada UGM. Sebagai alumnus, saya bangga dan senang kembali ke UGM banyak sekali perubahan fisik yang terjadi di kampus ini selama beberapa tahun belakangan,” ucap Airlangga usai menerima penghargaan di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Jumat 22 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Airlangga berharap penghargaan Herman Johannes Award yang diterimanya dapat menjadi pendorong untuk terus berkarya bagi nusa dan bangsa, khususnya dalam bidang industri.
 
Saat ini, kata dia, Indonesia sudah siap memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan peluncuran Making Indonesia 4.0, sebuah peta jalan yang memuat strategi dan arah yang jelas dalam upaya merevitalisasi sektor manufaktur.
 
“Sektor industri nasional memerlukan banyak pembenahan, terutama dalam penguasaaan teknologi yang menjadi kunci utama penentu daya saing di era industri 4.0 saat ini setiap negara berebut untuk meningkatkan daya saingnya didalam kancah industri global,” tuturnya.
 
Menurut Airlangga, peluncuran Making Indonesia 4.0 telah menjadi pembicaraan di berbagai perguruan tinggi di berbagai daerah, dalam kelompok-kelompok profesi masyarakat, dalam asosiasi-asosiasi industri. Bahkan indonesia menjadi rujukan diberbagai negara dan di sektor industri dan beberapa perusahaan dunia yang terkesan dengan inisiatif ini.
 
“Mereka merencanakan Indonesia untuk menjadikan hub teknologi mereka, bahkan dalam pembicaraaan dalam WEF, mereka juga melihat dan meminta agar Indonesia menjadi salah satu hub di ASEAN,” imbuhnya.
 
Airlangga pun menyampaikan, industri 4.0 sangat terkait dengan penyediaan infrastruktur dan teknologi informasi komunikasi, seperti internet of things (IoT), big data, cloud computing, artificial intelegence (AI), maupun virtual & augmented reality.
 
“Maka akan menjadi pertanyaan dan tantangan besar, yang harus kita jawab bersama. Apakah revolusi industri 4.0 akan mengubah tatanan industri sebelumnya?” ujarnya.
 
Adapun penghargaan Herman Johannes Award 2019 yang diterima Airlangga Hartarto diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-73.
 
Pada 2003, nama Herman Johannes diabadikan oleh Katgama menjadi sebuah penghargaan bagi karya utama penelitian bidang ilmu dan teknologi. Herman Johannes adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan, dan pahlawan Indonesia. Dia pernah menjabat Rektor UGM pada periode 1961-1966.
 
Selain Airlangga, penerima Herman Johannes Award tahun 2019 adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bidang diplomasi internasional, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk bidang transportasi, serta Almarhum Sedijatmo Atmohoedojo di bidang konstruksi.
 

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi