Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Harga Emas Antam Melemah Tipis

Ekonomi harga emas
Ade Hapsari Lestarini • 25 Maret 2019 10:11
Jakarta: Pergerakan harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan hari ini melemah tipis. Kondisi ini berbanding terbalik dengan penguatan emas dunia.
 
Mengutip laman Logam Mulia Antam, Senin, 25 Maret 2019, harga emas Antam di Butik Emas LM Gedung Antam tercatat berada di level Rp673 per gram atau turun Rp1.000 per gram dari sebelumnya Rp674 ribu per gram.
 
Adapun harga pembelian kembali (buy back) emas stagnan di level Rp594 ribu per gram dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu harga dan ketersediaan stok bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu harga emas di PT Pos Indonesia mengacu pada harga Butik Emas LM terdekat. Harga emas batangan sudah termasuk PPh 22 di 0,9 persen. Anda harus menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).
 
Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange menetap lebih tinggi pada penutupan perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terjadi karena saham-saham Amerika Serikat (AS) turun tajam di tengah kekhawatiran pertumbuhan dunia.
 
Mengutip Antara, Sabtu, 23 Maret 2019, pada akhir sesi, emas yang paling aktif untuk penyerahan April naik USD5,00 atau 0,38 persen menjadi USD1.312,30 per ons. Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,37 persen menjadi 96,71, tak lama sebelum akhir perdagangan emas.
 
Data ekonomi terbaru dari salah satu ekonomi utama Eropa, Jerman, dan pandangan berhati-hati Federal Reserve (the Fed) untuk ekonomi AS telah menyebabkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global. Meski demikian, Pemerintah AS tetap optimistis pertumbuhan ekonomi akan terus tumbuh.
 
Selain itu data ekonomi terbaru dari salah satu ekonomi utama Eropa, Jerman, dan pandangan berhati-hati Federal Reserve (Fed) untuk ekonomi AS telah menyebabkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global.
 
Indeks pembelian manajer (PMI) untuk sektor manufaktur Jerman turun menjadi 44,7 poin dari 47,6 poin pada Maret, penurunan tertajam sejak Agustus 2012, menurut indeks PMI awal yang diterbitkan pada Jumat, 22 Maret 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif