Ilustrasi gedung Bulog. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi gedung Bulog. (FOTO: Medcom.id)

Menko Darmin Ingin Bulog Gencarkan Operasi Pasar

Ekonomi bulog
Eko Nordiansyah • 04 Januari 2019 16:24
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menginginkan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) lebih gencar melaksanakan operasi pasar. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan harga beras.
 
"Sejak 2-3 minggu kita sudah perintahkan ke Bulog supaya mereka naikkan operasi pasarnya," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Januari 2019.
 
Darmin menilai Bulog tidak memiliki jaringan yang cukup luas untuk melaksanakan operasi pasar hingga ke daerah. Menurut dia, Bulog bisa bekerja sama dengan pihak ketiga agar jaringan operasi pasar misalnya dengan menggandeng pedagang kecil.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tidak mengharapkan Bulog bangun jaringan sendiri, ya pakai lah jaringan pedagang besar sampai ke pedagang kecil-kecil, pakai lah itu. Kalau itu berjalan, tidak ada alasan harga beras naik karena beras kita banyak," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan Bulog memiliki lebih dari dua juta ton beras cadangan yang bisa digelontorkan. Meskipun Darmin mengakui kenaikan harga beras tidak hanya terjadi karena kelangkaan saja, tetapi juga berkurangnya pedagang.
 
"Akhir tahun dan Lebaran memang selalu ada kecenderungan harga naik. Kenapa? Pedagangnya sendiri pergi. Itu pasti harganya naik krn pedagangnya kurang. Ada hal itu, walaupun tidak semua karena itu," pungkasnya.
 
Dalam rangka menjalankan penugasan pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), sepanjang 2018 Perum Bulog telah melakukan pengadaan sebanyak 3,2 juta ton setara beras. Di akhir 2018, stok beras CBP sebanyak 2,1 juta ton setara beras.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif