Ilustrasi - - Foto: AFP
Ilustrasi - - Foto: AFP

Survei BI: Penjualan Eceran Tumbuh Melambat di April 2019

Ekonomi bank indonesia
Husen Miftahudin • 14 Juni 2019 19:15
Jakarta: Hasil survei penjualan eceran Bank Indonesia (BI) menunjukkan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada April 2019 mengalami kenaikan sebesar 6,7 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy). Namun, posisi tersebut tumbuh melambat ketimbang IPR Maret 2019 yang tumbuh sebesar 10,1 persen yoy.
 
Tumbuh melambatnya penjualan eceran April dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan eceran yang menurun pada semua kelompok. Hanya kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang mengalami kenaikan.
 
"Penjualan eceran diprakirakan meningkat pada Mei 2019. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR Mei 2019 yang diprakirakan tumbuh 9,0 persen (yoy) sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode bulan puasa Ramadan," terang BI dalam keterangan tertulis yang dinukil Medcom.id, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut bank sentral, proyeksi peningkatan IPR di Mei 2019 ditopang oleh penjualan kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, kelompok Suku Cadang dan Aksesori, kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta subkelompok Sandang.
 
Hasil survei mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Juli 2019) diprakirakan akan menurun. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 160,5, menurun dari 174,6 pada bulan sebelumnya.
 
"Hal tersebut sejalan dengan kembali normalnya pasokan dan permintaan konsumen setelah bulan puasa Ramadan dan perayaan Hari Raya Idulfitri," tutup BI.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif