Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Penukaran Uang Baru Capai Rp40,6 Triliun

Ekonomi ekonomi indonesia
Husen Miftahudin • 16 Mei 2019 18:19
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat penukaran uang tunai untuk kebutuhan Lebaran hingga hari ke-11 Ramadan telah mencapai sebanyak Rp40,6 triliun. Jumlah tersebut setara 18,7 persen dari total Rp217,1 triliun penukaran uang tunai baru untuk kebutuhan Lebaran yang diperkirakan bank sentral.
 
"Antusiasme masyarakat banyak sekali, ini terbukti di hari ke-11. Ini memang sebelum pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) itu sudah mencapai Rp40,6 triliun dari Rp217,1 triliun," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam jumpa pers di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Selain itu, BI menambah lima titik penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran dari 2.895 titik menjadi 2.900 titik penukaran uang yang telah disiapkan Bank Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu nanti pada saat mudik kita juga akan tambah di di rest area. Kemudian di tempat-tempat seperti pom bensin dan seterusnya untuk kita bersama-sama ada di sana," beber Rosmaya.
 
Terkait penukaran uang tunai baru, Rosmaya menegaskan ada beberapa paket. Maksimal, dia bilang, berjumlah Rp3,9 juta. "Paket penukaran uang tunai baru itu ada Rp20 ribuan, Rp10 ribuan, dan seterusnya," ungkap dia.
 
Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo memastikan ketersediaan jumlah uang kecil untuk kebutuhan Lebaran. Di samping itu, ia meminta masyarakat menggunakan uang elektronik dan juga metode-metode pembayaran melalui perbankan pada saat Lebaran.
 
"Kami berterima kasih kepada seluruh industri perbankan dan juga seluruh kantor-kantor (perwakilan) Bank Indonesia di pusat maupun di daerah untuk guyub rukun memastikan kebutuhan uang kecil untuk penukaran kebutuhan Lebaran," pungkas Perry.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif