Ilustrasi kegiatan ekspor impor. FOTO: MI/Pius Erlangga.
Ilustrasi kegiatan ekspor impor. FOTO: MI/Pius Erlangga.

Eksportir Jangan Khawatir Rupiah di Bawah Rp14 Ribu/USD

Ekonomi ekspor rupiah menguat
Eko Nordiansyah • 13 September 2019 17:53
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan eksportir tak perlu khawatir dengan penguatan rupiah. Pada akhir pekan ini rupiah ditutup di bawah Rp14 ribu per USD.
 
Menurut dia, rupiah sempat bergerak di level Rp13.500 per USD pada awal tahun lalu. Jika saat ini rupiah berada di bawah Rp14 ribu per USD, maka artinya tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan bagi eksportir.
 
"Belum apa-apa sudah khawatir kita, itu kan awal 2018 kurs kita itu Rp13.400 apa Rp13.500 per USD. Masa sekarang masih Rp14 ribu atau dekat Rp13.900 per USD sudah khawatir. Kalau sudah Rp13.400 per USD atau Rp13.300 per USD boleh khawatir," kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan tren penguatan rupiah memang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. Apalagi pergerakan rupiah masih di atas titik ekuilibrium, sehingga belum terlalu mengkhawatirkan bagi perekonomian.
 
Dilansir Bloomberg, rupiah hari ini ditutup di level Rp13.966 per USD, dengan range antara Rp13.930 per USD sampai dengan Rp13.969 per USD. Meskipun pada pembukaan perdagangan tadi rupiah sempat menguat sampai level Rp13.930 per USD.
 
Penguatan rupiah terjadi lantaran pelemahan mata uang dolar AS di tengah keputusan bank sentral Eropa (ECB) yang memangkas suku bunga simpanan. Kurs dolar AS melemah terhadap keranjang mata uang utama lainnya.
 
ECB memutuskan untuk memangkas suku bunga simpanan utamanya 10 basis poin menjadi minus 0,5 persen dan meluncurkan program pembelian obligasi besar-besaran pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), untuk menopang perekonomian zona euro yang kendur.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif