Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.
Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.

Dorong Ekonomi, BI Buka Kantor Perwakilan di Beijing

Ekonomi bank indonesia
Suci Sedya Utami • 25 Februari 2019 15:48
Jakarta: Bank Indonesia (BI) kali ini membuka kantor perwakilan di Beijing, Tiongkok. Bank sentral terus memperkuat peran kantor perwakilan di luar negeri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
 
Dalam sambutannya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan penguatan tersebut merupakan bagian dari reformasi organisasi dan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan oleh BI.
 
Perry mengatakan pendirian kantor wilayah di luar negeri tidak hanya ditujukan untuk memberikan kontribusi perekonomian bagi Indonesia, namun juga bagi negara mitra dalam hal ini Tiongkok.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Negara tersebut merupakan salah satu mitra kerjasama ekonomi terbesar Indonesia naik dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan bidang lainnya," kata Perry dalam keterangan resmi, Senin, 25 Februari 2019.
 
Oleh karenanya, dia melanjutkan, kehadiran kantor perwakilan BI di Beijing diharapkan semakin memperkuat hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara. Serta memberikan pemahaman dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan maupun kebijakan yang ditempuh Tiongkok, khususnya yang berdampak bagi Indonesia.
 
Dengan diresmikannya pantor perwakilan ini, BI telah memiliki lima kantor perwakilan di luar negeri, yaitu kantor perwakilan BI New York, London, Singapura, Tokyo, dan Beijing. Masing-masing kantor perwa kilan memiliki cakupan kewenangan tugas sesuai wilayah kerja. Bank Indonesia (BI) mendorong perluasan investasi melalui penguatan peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) di luar negeri.
 
Kepala KPw BI di luar negeri diharapkan dapat menjalin relasi yang baik dengan investor, stakeholders di wilayah kerja setempat, dan diharapkan dapat semakin mendukung keberadaan dan peran KPw BI luar negeri.
 
Gubernur BI menyampaikan empat hal mengenai penguatan peran KPw BI luar negeri. Pertama, analisis secara lebih mendalam terhadap kondisi perekonomian global melalui asesmen isu-isu internasional, khususnya kondisi perekonomian di wilayah kerja setempat.
 
Kedua, peran KPw BI luar negeri dalam mendorong investasi perdagangan dan pariwisata Indonesia, serta bekerja sama dan berkoordinasi dengan kedutaan, konsulat, investor, komunitas, dan berbagai stakeholders.
 
Ketiga, menjangkau kebutuhan para pemangku kepentingan dengan menata hubungan diplomasi dan kerja sama internasional dengan stakeholders. KPw BI di luar negeri senantiasa memberikan informasi mengenai peran dan tugas Bank Indonesia kepada stakeholders.
 
Keempat, peran dalam mendukung pelaksanaan pengelolaan devisa. "Peran ini merupakan bentuk reformasi yang diperkenalkan sebagai peran baru dari KPw BI luar negeri dalam mendukung perluasan investasi," tutur Perry.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif