Illustrasi. MI/PIUS ERLANGGA.
Illustrasi. MI/PIUS ERLANGGA.

Akses Modal untuk Perempuan Bantu Kurangi Kemiskinan

Ekonomi fintech
Nia Deviyana • 30 April 2019 16:47
Jakarta: Keberadaan financial technology (fintech) berbasis peer to peer lending tidak hanya mendorong inklusi keuangan di level pengusaha mikro, tetapi juga membantu mengurangi angka kemiskinan. Apalagi, jika fintech P2P menyasar pengusaha mikro perempuan sebagai debiturnya.
 
"Kenapa perempuan? karena kalau mereka bisa membantu penghasilan suaminya, maka perekonomian keluarga akan lebih stabil," ujar Vice President of Product Amartha Aria Widiyanto saat mengisi diskusi di Jakarta, Rabu, 30 April 2019.
 
Dia mengatakan bahwa ini alasan mengapa Amartha, sebagai perusahaan financial technology (fintech) berbasis peer to peer lending, seratus persen membiayai pengusaha mikro perempuan karena dinilai lebih berdaya guna.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun per April 2019 Amartha telah mengucurkan modal usaha lebih dari Rp1 triliun kepada 223 ribu perempuan pengusaha mikro yang tersebar di 3.500 desa di Indonesia. Setelah mengucurkan modal, Amartha melalui 1.100 petugas di desa memberi pendampingan, pelatihan, serta literasi keuangan kepada mitranya.
 
"Ini sebagai bentuk mitigasi risiko supaya modal yang kita berikan bisa menghasilkan sesuatu dan berhasil. Tentunya sebagai upaya mencegah kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL)," jelasnya.
 
Aria menuturkan meningkatnya pendapatan debiturnya lewat usaha yang mereka berikan modal berdampak positif terhadap menurunnya angka kemiskinan. Dia mencontohkan pada 2016 63 persen dari total mitra Amartha masih berada di bawah garis kemiskinan.
 
"Namun per Desember 2018, jumlah mitra yang berada di bawah garis kemiskinan turun menjadi 41 persen," kata Aria.
 
Penurunan tingkat kemiskinan mitra Amartha ini, klaim Aria, lebih cepat dari level nasional. Berdasarkan Data Pusat Statistik (BPS), penurunan rata-rata tingkat kemiskinan per tahun sebesar 1,1 persen.
 
"Ini membuktikan bahwa perusahaan fintech bisa membawa dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif