BI Harap <i>Swap Rate</i> Diturunkan jadi 4,25%
Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) berharap swap rate bisa diturunkan jadi 4,25 persen. Sekarang untuk swap rate yang berlaku di BI 4,64 persen sementara yang berlaku di perbankan (swap market) sebesar 4,69 persen. BI akan menerapkan premi FX Swap yang lebih efisien, hal ini diharapkan juga akan berdampak juga pada efisiensi premi FX Swap di Market.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Nanang Hendarsyah mengatakan saat ini swap rate satu bulan sekitar 4,5 persen. Angka ini terbentuk karena suku bunga BI rate naik.

"Seharusnya mungkin yang satu bulan sekitar 4,25 persen tapi kita tidak bisa langsung menurunkan seperti itu," kata Nanang di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 20 Agustus 2018.

Nanang berharap, swap rate bisa turun secara bertahap. BI akan menerapkan batas atas sehingga nantinya swap rate di market dan pasar transaksi derivatif akan lebih efisien.

"Swap ratenya secara perlahan akan kita lihat karena kalau misalnya nanti ada batas atas dari BI seharusnya nanti swap rate di market akan lebih efisien sehingga pasar transkasi di derivatifnya akan lebih efisien juga. Harapannya begitu," tutur dia.

Selain itu, jika swap rate turun maka tidak lagi semua orang buru-buru membeli valas ke pasar spot seperti yang terjadi bulan Apri, Mei, dan Juni. Jika swap rate turun membuka pintu untuk nasabah dan korporasi membeli valas melalui transaksi forward.

"Kalau swap ratenya bisa lebih efisien, dampaknya ke sana. Jadi tidak secara langsung, tapi akan membuat nasabah-nasabah terutama korporasi bisa lebih secure dapat memperoleh valasnya dalam rate yang sudah ditentukan melalui transaksi forward," tutup dia.

 



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id