Intip Cara Sukses Mengatur Keuangan
Ilustrasi. (FOTO: MI/Susanto)
APAKAH Anda ingin mencapai kesuksesan dalam hal keuangan? Banyak orang yang tidak tahu langkah apa yang membawa mereka sukses dalam hal keuangan. Sebagian mereka ingin mendapatkan kekayaan dengan cara yang instan.

Padahal dalam mencapai kesuksesan sejatinya perlu kerja keras untuk mendapatkannya. Berikut lima langkah-langkah dasar menuju kekayaan.

Membuat Perencanaan dengan Baik.
Anda bisa menuliskan tujuan untuk jangka panjang terlebih dahulu, paling tidak 5-10 tahun mendatang atau lebih. Setelah memiliki tujuan jangka panjang, Anda bisa memecahnya jadi beberapa bagian.

Setelah itu, buat rencana jangka pendek dari pecahan rencana tersebut, apa saja yang ingin dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menjalankan rencana Anda langkah demi langkah hingga mencapai tujuan rancana Anda.

Melakukan Investasi.
Anda bisa berinvestasi berupa saham, obligasi, emas, tanah, atau bisnis. Selain itu ada investasi lain yang lebih penting yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Jika Anda selalu melakukan hal ini, maka Anda akan selalu menjadi pribadi yang berkembang dari waktu ke waktu. Mungkin Anda akan mendapatkan uang yang lebih dari ini.

Kesehatan Anda juga perlu diperhatikan agar ketika Anda berpikir dan bekerja tidak terhambat karena sakit. Dan investasi lainnya dalam bentuk hubungan dengan orang lain baik keluarga, rekan, atau klien Anda. Semakin Anda membangun hubungan baik dengan orang lain maka semakin banyak orang kenal dan menyayangi Anda.

Jauhi Besar Pengeluaran daripada Pendapatan.
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pengeluarannya lebih besar ketimbang pendapatan yang mereka peroleh. Akibatnya mereka memilih untuk berutang memenuhi kebutuhannya. Sebisa mungkin biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran maupun pemasukan sehingga Anda bisa tahu apakah pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan atau tidak.

Buat Anggaran.
Apabila Anda memiliki catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan, Anda bisa membuat anggaran dengan memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran Anda dari catatan tersebut. Misalnya anggaran untuk listrik, menabung, makanan, dan lainnya.

Rajin Memberi pada Orang Lain.
Memberi merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjamin kesuksesan keuangan. Bukan sekadar uang, Anda bisa memberi waktu, sumber daya, atau diri Anda kepada orang lain. Hukum timbal balik akan berlaku penuh di dalam kehidupan Anda. Saat Anda memberi, maka Anda akan menerima lebih dari itu.

Itulah beberapa langkah-langkah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencapai kesuksesan dalam hal keuangan. Semoga berhasil.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360