Baba Rafi Enterprise di pameran waralaba di Jakarta Convention Center. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Baba Rafi Enterprise di pameran waralaba di Jakarta Convention Center. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Baba Rafi Enterprise Tawarkan Investasi Waralaba Ala Milenial

Ekonomi dunia usaha pameran waralaba
Ilham wibowo • 13 September 2019 18:40
Jakarta: Bisnis waralaba asal Indonesia diyakini bakal terus tumbuh dengan ketekunan berusaha. Sektor ini bahkan sudah membuktikan potensinya untuk mendunia.
 
Keyakinan usaha waralaba bisa tumbuh berkelanjutan seperti dilakukan Baba Rafi Enterprise yang memulai bisnis dengan membuka dua gerai kebab Turki pada 2003. Saat ini, lebih dari 1.300 gerai kebab besutan Hendi Setiono ini hadir di seluruh Indonesia dan 68 gerai telah tersebar di 10 negara.
 
"Kami sudah mendunia karena ada di Eropa dan Asia," kata Marketing Baba Rafi Enterprise Sampurna ditemui dalam pameran waralaba di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makanan cepat saji yang mengawali penjualan di Surabaya ini kini bisa berkolaborasi dengan para investor dari berbagai kalangan. Penjulan produk dengan brand Kebab Turki Baba Rafi bisa dilakukan mulai dari Rp75 juta untuk tipe black booth hingga Rp300 juta untuk tipe container kebab dengan payback period 1,4 tahun.
 
Untuk tipe black both, omzet rata-rata per bulan bisa mencapai Rp30 juta. Dengan pengeluaran yang diestimasikan sebesar 55 persen, investor bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp7,8 juta per bulan. Sementara tipe container kebab, keuntungan bersihnya mencapai Rp23,4 juta dengan omzet rata-rata bulanan mencapai Rp90 juta.
 
Saat ini, pengelolaan secara syariah juga bisa dilakukan dengan pengelolaan usaha yang terpusat melalui sistem bagi hasil 50:50 antara franchisee dan franchisor. Dengan modal awal Rp75 juta dan payback period selama 2,3 tahun investor mendapatkan keuntungan bersih Rp2,7 juta per bulan.
 
"Kami hadir sudah 17 tahun, ini menunjukkan kami diminati mulai kalangan anak kecil muda hingga tua. Kami berusaha berikan informasi sesuai dengan kenyataan real dan buktikan dengan gerai yang sudah ribuan," ungkapnya.
 
Sam memaparkan fasilitas penawaran peluang investasi yang diberikan termasuk lengkap untuk menjaga kualitas penyajian menu. Kemudian, investor maupun pihak yang ditunjuk menjaga kios terlebih dahulu bakal diberikan pelatihan awal dan berkala selain dukungan paket perlengkapan selama masa kerja berlangsung.
 
"Kami menyediakan dukungan tim manajemen yang solid, sistem kami komplit sampai perlengkapan software keuangan dan lokasinya kami bantu negosiasi dan armada ekspedisi kami juga ada untuk antar bahan baku," paparnya.
 
Selain bahan baku dan fasilitas, Kebab Baba Rafi juga memberikan fasilitas promosi di platform digital. Kerja sama telah dilakukan dengan Grab Food maupun Go Food untuk bisa menikmati layanan pesan antar makanan dan promo diskon yang digemari masyarakat milenial.
 
"Strategi pemasaran kami mengikuti perkembangan jaman yang selalu update. Gojek maupun Grab pasti ada diskon khusus dari kami di pusat dan itu membuat penjualan produk kami terus bisa bersaing," tuturnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif