Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Setkab
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Setkab

Pembangunan Istana di Papua Pertengahan 2020

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
Desi Angriani • 12 September 2019 07:32
Jakarta: Pemerintah akan menggelar sayembara untuk desain arsitektur Istana Kepresidenan Papua. Sayembara itu akan berlangsung Oktober 2019. Adapun langkah pembangunan istana tersebut dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat Papua.
 
"Wong itu kalau dalam tanda kutip istana, nanti kita sayembarakan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Menurutnya pemerintah saat ini baru mengkaji berapa kebutuhan anggaran dalam pembangunan istana tersebut. Sementara itu, Basuki akan meninjau lokasi pembangunan istana di Jayapura akhir September ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya nanti. Kan kita mau lihat lahannya dulu, di mana, perlu land treatment-nya kayak apa," ungkap Basuki.
 
Setelah menentukan basis desain dan melakukan sayembara, pembangunan istana di ujung timur Papua itu pun baru akan dilakukan pada pertengahan 2020. "Kalau mau desain dulu paling nanti pertengahan 2020 tender dulu kan. Ya kira-kira itu," tuturnya.
 
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangunan Istana Papua tidak akan memakan dana yang besar. Sebab pemerintah sudah mendapatkan hibah lahan seluas 10 hektare dari warga Papua. Dengan demikian anggaran pembangunan bisa ditekan.
 
"Kan cuma bikin istana, tapi detailnya saya tidak tahu. Kalau bangun istana nanti ya dibangun tak masalah," ungkap Bambang.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya menyebut selama ini rencana pembangunan Istana Presiden terkendala persoalan tanah. Beruntung, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, mau mengibahkan tanahnya seluas 10 hektare untuk dijadikan Istana Presiden. Tanah tersebut secara de facto diserahkan hari ini di Istana Negara, Jakarta.
 
"Saya bisik-bisik dulu sama menteri. Jadi mulai tahun depan Istana akan dibangun di Papua," kata Jokowi saat menerima 61 tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif