Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Foto: Kementan.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Foto: Kementan.

Mentan Ajak Bulog Ekspor Beras

Ekonomi bulog berita kementan
Ilham wibowo • 19 Desember 2019 14:23
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong Perum Bulog untuk meningkatkan kapasitasnya mengelola hasil beras nasional. Selain serapan dalam negeri, Bulog juga mestinya bisa mengisi pasar ekspor.
 
Syahrul hari ini melakukan kunjungan ke kantor Bulog di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan sebagai balasan kunjungan Kepala Bulog Budi Waseso ke Kementan sebelumnya. Sejumlah isu dibahas terutama strategi memperluas akses ekspor produk pertanian Indonesia.
 
"Buat saya ini adalah tanda bahwa Kementan dan Bulog menyatu. Kita harus selalu dekat dan sehati untuk memastikan pangan rakyat terpenuhi," kata Syahrul melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 19 Desember 219.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan itu, Syahrul berharap Bulog dapat mengendalikan pasar, pasokan dan harga, khususnya komoditas utama seperti beras, daging dan minyak goreng. Peran Bulog dinilai sangat strategis dalam menjaga nilai inflasi.
 
"Pengalaman saya di Sulsel membuktikan bila kita serius, semua bisa dikendalikan, bahkan termasuk juga ekspor," ujarnya.
 
Manajemen stok pangan harus ditingkatkan agar dilakukan bersama Kementan dan Bulog termasuk di hulu harus. Mentan ingin koordinasi dan kerja sama kedua lembaga makin baik.
 
"Kementan dan Bulog harus bersama-sama menjaga kedaulatan bangsa. Saya harap tahun depan Bulog dapat ekspor. Februari Maret petani akan panen raya, persiapkan untuk menyerap gabah petani, atur harga agar tidak jatuh, salah satunya dengan stok dan ekspor," tutupnya.
 

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif