Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: dok MI.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: dok MI.

Sri Mulyani Minta CPNS Lulusan STAN Jaga Keuangan Negara

Ekonomi sri mulyani kementerian keuangan
Eko Nordiansyah • 11 Desember 2019 12:39
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari rekrutmen lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN untuk bisa ikut menjaga keuangan negara. Apalagi proses yang selama ini telah dilalui oleh para CPNS tidaklah mudah.
 
"Jangan sampai ini yang sudah jadi bekal masuk Kemenkeu disia-siakan. Pelihara dan jaga kerja keras kalian. Caranya, pertama, saya tekankan kalian sekarang jadi bagian fungsi bendahara negara sebagai pengelola dan penjaga keuangan negara," kata dia kepada 3.252 CPNS Kemenkeu di Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Dirinya menambahkan, di mana pun para CPNS ini ditempatkan mereka merupakan bagian dari Kemenkeu yang tidak terlepaskan. Tidak masalah apakah mereka akan mengurusi penerimaan negara, belanja negara, pembiayaan, atau pengelola aset negara yang seluruhnya tetap berada di bawah tanggung jawab Kemenkeu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin kalian belum betul-betul sadar. Contohnya ibarat tubuh kalian bagian mata, hidung, kuku, kaki dan perut. Jadi tidak ada bagian yang lebih penting dari yang lain. Jadi semua membentuk tubuh Kementerin Keuangan," jelas dia.
 
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengingatkan salah satu tugas pokok Kemenkeu adalah penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurutnya, APBN disusun tidak hanya oleh pemerintah namun melibatkan proses politik di DPR agar bisa disahkan menjadi Undang-Undang.
 
Meskipun, diakui Sri Mulyani, mengelola APBN tidaklah mudah tetapi ini menjadi bagian penting dalam mengatur keuangan negara. Dirinya mengingatkan, tantangan yang akan dihadapi oleh para CPNS tidak akan mudah sehingga perlu kerja keras yang nyata.
 
"Jadi kalian saya ingin sampaikan selamat datang di institusi Kementerian Keuangan, yang luar biasa penting bagi NKRI. Yang kita kerjakan, hasilkan, pikirkan, lakukan itu sangat menentukan maju mundurnya Republik ini," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif