Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani. Foto : MI/Panca Syaukarni.
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani. Foto : MI/Panca Syaukarni.

Pengusaha Keluhkan Persaingan Usaha di RI Kalah dari Negara Lain

Ekonomi kadin
Eko Nordiansyah • 10 Oktober 2019 16:10
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengeluhkan persaingan usaha di Indonesia yang kalah dari negara lain. Meskipun secara nilai tidak turun, sayangnya nilai negara lain meningkat sehingga peringkat Indonesia dalam persaingan global turun.
 
"Karena memang negara-negara tetangga kita ini mereformasi dirinya lebih cepat jadi walaupun kita secara scoringnya tidak turun tapi secara peringkat kita turun lima peringkat," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Dirinya menambahkan masalah lamanya pengurusan perizinan, produktivitas, sampai dengan sumber daya manusia (SDM) menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia. Untuk itu, perlu perhatian bersama antara pemerintah dan dunia usaha menyelesaikan masalah ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rosan optimistis prioritas pembangunan SDM oleh pemerintah dalam lima tahun ke depan akan mengangkat persaingan usaha di Indonesia. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga diharapkan bisa menyelesaikan masalah produktivitas di dalam negeri.
 
"Tidak terjadinya missmatch antara tenaga kerja yang dibutuhkan dan tenaga kerja yang siap kerja. Jadi saya rasa ini PR kita besar, harus dilakukan bersama oleh pemerintah, dunia usaha dan pekerja kita," pungkasnya.
 
Berdasarkan data World Economic Forum, Indonesia turun lima peringkat untuk kategori persaingan global di posisi ke-50 dengan skor keseluruhan 64,6. Peringkat Indonesia tercatat jauh di bawah beberapa negara sekawasan seperti Thailand di peringkat 40 dan Malaysia di peringkat 27.
 
Namun demikian Indonesia masih unggul atas Vietnam yang menempati posisi ke-67, Filipina di posisi 64, dan Laos di posisi 113. Sementara Singapura yang pada tahun lalu ada di peringkat ke-2, pada tahun ini menempati peringkat pertama dengan skor 84,8.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif