Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto ; Medcom/Desi A.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto ; Medcom/Desi A.

Menhub Minta Direksi Baru Tuntaskan Beban Masa Lalu Garuda

Ekonomi Garuda Indonesia
Desi Angriani • 23 Januari 2020 19:46
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta direksi baru PT Garuda Indonesia (Persero) membenahi manajemen maskapai pelat merah tersebut. Garuda dinilai masih terjerat beban manajerial di masa lalu.
 
"Persoalannya adalah manajerial, ada beban masa lalu yang harus diselesaikan itu nomor satu," kata Budi di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.
 
Setelah tugas pembenahan internal tuntas, Budi ingin direksi baru Garuda melakukan sinergi dalam mendorong industri pariwisata di Tanah Air. Termasuk membuka kerja sama dengan stakeholder lainnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua adalah melakukan klarifikasi atau change bagaimana GCG itu diterapkan di Garuda," terangnya.
 
Di sisi lain, Budi ingin Garuda kembali rujuk dengan Sriwijaya. Pasalnya, seluruh maskapai penerbangan dinilai perlu bergandengan demi meningkatkan industri penerbangan Tanah Air.
 
"Saya pikir semua maskapai perlu berkolaborasi. Tak mungkin sendiri-sendiri. Nanti kita atur mana Garuda dan mana bukan Garuda untuk pricing dan sebagainya. Tapi saya percaya Garuda nanti punya strategi baik," tambah Budi.
 
Ia pun meyakini Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra merupakan sosok berkompeten dan mampu membenahi manajerial Garuda ke depan. Apalagi kinerja maskapai pelat merah ke depan akan diawasi oleh mantan Kepala Barekraf Triawan Munaf selaku Komisaris Utama serta Yenny Wahid sebagai komisaris independen.
 
"Penunjukan komisaris dan Garuda ini adalah orang profesional," pungkas dia.
 
Sebelum tersandung kasus penyelundupan komponen sepeda motor Harley Davidson oleh mantan dirut Garuda Ari Askhara. Maskapai pelat merah tersebut pernah digempur berita miring usai terbukti memoles laporan keuangannya pada 2018.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif