Ilustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO

Legislator: Pertumbuhan Ekonomi Harus Ciptakan Lapangan Kerja

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
Antara • 23 Oktober 2019 14:03
Jakarta: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ali Taher Parasong menegaskan pertumbuhan ekonomi yang dicapai harus sungguh-sungguh dapat menciptakan lapangan kerja. Selain itu, juga harus diimbangi dengan pelatihan dan pembenahan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) nasional.
 
"Yang paling penting, pertumbuhan ekonomi harus mampu mengangkat tenaga kerja. Jika satu persen bisa mengangkat 400-700 ribu tenaga kerja baru, maka pertumbuhan ekonomi, kalau di atas lima persen saja, bisa menyerap 2-3 juta angkatan kerja baru per tahun," kata Ali, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Terkait dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak DPR RI dalam menyusun UU Cipta Lapangan Kerja, Ali menyatakan, DPR pasti mendukung untuk memperbaiki SDM dan memperbanyak pelatihan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ia mengingatkan bahwa faktanya di lapangan masih ada Balai Latihan Kerja yang tidak berfungsi dengan bagus, serta ada jenis pelatihan yang belum mengikuti perkembangan zaman.
 
Sebagaimana diwartakan, Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan mengajak DPR RI untuk menerbitkan dua undang-undang besar yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM. Masing-masing UU tersebut akan menjadi omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU.
 
"Puluhan UU yang menghambat penciptaan lapangan kerjalangsung direvisi sekaligus. Puluhan UU yang menghambat pengembangan UMKM juga akan langsung direvisi sekaligus," kata Presiden Jokowi saat pidato usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 di Gedung MPR RI, Jakarta.
 
Menurut Kepala Negara, rencana penerbitan dua undang-undang tersebut merupakan upaya untuk mengatasi kendala regulasi dalam mencapai tujuan menciptakan SDM yang unggul. Presiden menekankan pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama pemerintah, dengan membangun SDM yang pekerja keras, yang dinamis.
 
"Kita perlu endowment fund yang besar untuk manajemen SDM kita. Kerja sama dengan industri juga penting dioptimalkan. Dan juga penggunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri," pungkas Presiden.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif