Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita. Medcom/Husen M.
Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita. Medcom/Husen M.

Pemerintah Permudah Syarat Ekspor

Ekonomi ekspor-impor
Eko Nordiansyah • 24 Januari 2019 22:41
Jakarta: Pemerintah berencana mempermudah persyaratan ekspor guna menggenjot ekspor nasional. Kemudahan yang diberikan rencananya untuk sejumlah komoditas seperti batu bara dan kelapa sawit.
 
"Pokoknya kita bikin kemudahan. Semua yang bisa disederhanakan kita sederhanakan," kata Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis 24 Januari 2019.
 
Dirinya menjelaskan, salah satu kemudahannya adalah tidak perlu pemeriksaan lebih detail oleh Lembaga Surveyor (LS). Menurut dia, fokusnya bagaimana ekspor tersebut bisa direalisasikan tanpa membebani eksportir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan yang penting ekspornya. Semua ekspor kita buat permudah, kita sederhanakan. Ya buat apa diperiksa-periksa, kan ada duplikasinya. Di sana diperiksa, di sini diperiksa," jelas dia.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Haru Pambudi menjelaskan, pihaknya akan mendukung langkah pemerintah. DJBC akan menindaklanjuti dengan melakukan notifikasi pelaporan LS.
 
Heru menambahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kementerian/ lembaga (K/L) terkait. Simplifikasi prosedur serta proses perizinan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ekspor.
 
"Itu yang nanti ditindaklanjuti dengan modifikasi sistem otomasinya. Pasti harus ada notifikasi di register bahwa yang tadinya masih harus diminta perizinan, dengan peraturan yang baru dianggap enggak diperlukan lagi," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi