Menperin Tunggu Momentum Peluncuran Mobil Esemka
Esemka. MI/MOHAMAD IRFAN.
Jakarta: Kelanjutan produksi proyek mobil Esemka disebut berada di tangan pelaku industri. Dukungan pemerintah bakal diberikan saat mulai memasuki tahap produksi massal.

"Pabriknya udah diresmikan belum, (kalau belum) ya udah tunggu saja," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ditemui di Ruang Garuda, Gedung Kemenperin, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Airlangga memastikan pihaknya hanya mengurusi regulasi untuk bisa dilaksanakan pelaku industri otomotif dengan baik. Kehadiran kendaraan melalui mekanisme impor maupun produksi dalam negeri wajib memiliki spesifikasi dalam produksi dan penjualan masal.

"Saya tanya ini merek atau jenis kendaraan? kita tidak membahas (merek) mobil Toyota, mobil Mazda, BMW atau Volvo. Pertama kendaraan itu berdasarkan type, seperti tadi low coast emition vehicle, yang namanya car commercial mereknya ya terserah," paparnya.

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan karya anak bangsa yang telah masuk produksi masal yakni pada tipe angkutan multiguna pedesaan (AMDes). Pemasarannya pun bakal dilakukan pada awal 2019.

"Kalau tipe kita ada produk yang namanya angkutan multiguna pedesaan atau AMDes, nah itu sudah kita kembangkan, mudahan-mudahan nanti Januari (2019) bisa masuk di pasar," ungkapnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id