Rekaman Tersebar

Menteri Rini Akui Percakapannya dan Dirut PLN Bahas Proyek

Annisa ayu artanti 29 April 2018 12:28 WIB
kementerian bumn
Menteri Rini Akui Percakapannya dan Dirut PLN Bahas Proyek
Menteri BUMN Rini Soemarno MI Susanto
Solo: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku rekaman percakapan dirinya dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir yang tersebar beberapa hari lalu adalah percakapan mengenai proposal proyek storage gas.

"Pembicaraan saya dengan Pak Sofyan membicarakan mengenai ada proposal, untuk apa namanya storage gas," kata Rini di Solo, Minggu, 29 April 2018.

Namun, kata Rini, rekaman tersebut tidak lengkap melainkan dipotong-potong. Dalam rekaman itu, lanjut rini seolah-olah ada permintaan pembagian saham oleh dirinya dan Sofyan Basir dalam proyek tersebut.

"Iya dipotong-potong, bikinnya sepertinya Pak Sofyan yang minta dan saya yang minta. Padahal, kita selalu dan kemarin sebelum rapat kita jelaskan kita selalu berjuang untuk BUMN bagaimana BUMN agar lebih baik ke depan sehingga BUMN bisa survive 100 tahun ke depan itu komitmen kita sebagai seluruh direksi BUMN," jelas Rini.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro sebelumnya juga membenarkan bahwa Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basir melakukan diskusi mengenai rencana investasi proyek penyediaan energi yang melibatkan PLN dan Pertamina.

Dalam diskusi tersebut Imam mengklaim, Rini dan Sofyan memiliki tujuan yang sama yaitu memastikan bahwa investasi tersebut memberikan manfaat maksimal bagi PLN dan negara, bukan sebaliknya untuk membebani PLN.

Percakapan utuh yang sebenarnya, kata Imam, adalah membahas upaya Sofyan dalam memastikan bahwa sebagai syarat untuk PLN ikut serta dalam proyek tersebut adalah PLN harus mendapatkan porsi saham yang signifikan. Namun pada akhirnya, proyek penyediaan energi itu tidak terealisasi karena memang belum diyakini dapat memberikan keuntungan optimal, baik untuk Pertamina maupun PLN.

"Kami tegaskan kembali bahwa pembicaraan utuh tersebut isinya sejalan dengan tugas Menteri BUMN untuk memastikan bahwa seluruh BUMN dijalankan dengan dasar Good Corporate Governance (GCG)," kata Imam, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 28 April 2018.

 



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360