JK Nilai Kerja Sama Ekonomi Digital Menjanjikan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) menyampaikan paparan disaksikan Perdana Menteri Cina Li Keqiang pada Indonesia-China Business Summit di Jakarta, Senin (7/5). Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jakarta: Kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok terus meningkat setiap tahunnya. Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan menilai ada sektor kerja sama baru yang cukup menjanjikan untuk kedua negara.

"Terdapat sektor kerja sama baru yang semakin menjanjikan, yaitu ekonomi digital Indonesia," kata Kalla di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 7 Mei 2018.

Kerja sama itu terlihat dari upaya perusahaan asal Tiongkok membantu perusahaan start up Indonesia. Kalla mencontohkan investasi yang ditanamkan Tencent kepada Go-Jek sebesar USD1,2 miliar.

Investasi serupa juga dilakukan raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba. Alibaba menginvestasikan duit sebesar USD1,1 miliar kepada Tokopedia. Belum lagi beberapa gabungan perusahaan Tiongkok yang menginvestasikan USD350 juta kepada Traveloka.

Baca: Hadiri Pertemuan Bea Cukai se-ASEAN, RI Bawa Isu Penting soal e-Commerce

Beberapa perusahaan start up asal Indonesia itu terkenal sebagai perusahaan unicorn. Kalla pun berharap, kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok terus berkembang.

"Pemerintah Indonesia terus melakukan reformasi ekonomi guna meningkatkan dan menciptkan iklim usaha yang atraktif," pungkas Kalla.

Kalla dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menghadiri pertemuan bisnis pengusaha Indonesia-Tiongkok. Pertemuan ini dihadiri 300 pengusaha Tiongkok dan 300 pengusaha Indonesia. Dalam pertemuan yang diawali makan malam ini juga hadir Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id