Mantan Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. Foto: Medcom.id
Mantan Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. Foto: Medcom.id

Direksi BUMN Rugi Tak Boleh Naik Pesawat Bisnis

Ekonomi kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 17 Januari 2020 17:42
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengeluarkan aturan terkait kategori layanan dalam penerbangan yang digunakan oleh direksi di perusahaan BUMN saat menjalankan dinas.
 
Aturan tersebut berbentuk surat edaran tentang penerapan etika dan atau kepatutan dalam rangka pengurusan dan pengawasan perusahaan. Surat tersebut ditetapkan pada 12 Desember 2019.
 
Dalam surat tersebut , di poin kedua dijelaskan bahwa perjalanan dinas harus dilaksanakan dengan memperhatikan aspek efektifitas, efisiensi, selektifitas, serta mengedepankan kemajuan perusahaan dengan berpedoman pada dua hal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama untuk BUMN yang rugi agar menggunakan kelas ekonomi dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan kenyamanan penyedia jasa penerbangan. Kedua BUMN yang memiliki kinerja baik dapat menggunakan kelas yang lebih tinggi dari kelas ekonomi (maksimal bisnis) dengan tetap memperhatikan prinsip kewajaran serta kebutuhan dan kemampuan BUMN.
 
"Saya mengeluarkan peraturan di mana kalau perusahaan BUMN itu meraih untung maka naik pesawatnya kelas bisnis, tapi kalau rugi naiknya kelas ekonomi," kata Erick dalam acara Indonesia Millenial Summit, di Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Dirinya pun menyoroti beberapa kasus yang terjadi, ada seorang menteri yang menggunakan kelas layanan bisnis, namun direktur utama perusahaan BUMN bisa berada di kelas utama (first class). Padahal dalam realitanya, kebijakan yang diambil oleh menteri tersebut jauh lebih besar dari direksi perusahaan BUMN.
 
Sebelumnya Erick menyatakan gaji dirinya saat menduduki kursi di pemerintah jauh lebih rendah dibanding pada saat masih menjadi pengusaha swasta bahkan dari direksi perusahaan pelat merah.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif