Ilustrasi - - Foto: MI/ ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi - - Foto: MI/ ATET DWI PRAMADIA

Penjelasan Menhub soal China Airlines Jual Tiket Jakarta-Makassar

Ekonomi garuda indonesia kementerian perhubungan Maskapai Asing
Nia Deviyana • 14 Juni 2019 17:35
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah maskapai asing sudah masuk dan beroperasi di Indonesia. Hal ini menyusul kabar yang menyebutkan bahwa China Airlines melayani penerbangan domestik Jakarta-Makassar.
 
Budi mengatakan maskapai asal Taiwan itu hanya berperan sebagai code share dengan Garuda Indonesia. Code share merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan.
 
"Tidak ada (maskapai asing masuk Indonesia). Itu code share antara Garuda Indonesia dengan China Airlines," ujar Budi usai menutup posko mudik di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk penerbangan code share, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama. Namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut.
 
Penerbangan code share memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai. Penerbangan code share dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik. Sebagai pelaksana penerbangan code share domestik haruslah perusahaan penerbangan nasional.
 
Hal tersebut dibenarkan pihak Garuda Indonesia. Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menjelaskan, skema code share sudah umum di industri penerbangan.
 
Dalam konteks China Airlines, kata Ikhsan Garuda Indonesia bertindak sebagai operating carrier karena yang mengoperasikan penerbangan Jakarta-Makassar.
 
"Sedangkan China Airlines, disebut marketing carrier karena memasarkan kepada penumpangnya penerbangan Jakarta-Makassar dengan menggunakan maskapai kita," jelas Ikhsan saat dihubungi Medcom.id.
 
Dengan begitu, penumpang akan dilayani oleh China Airlines pada penerbangan Taipei-Jakarta. Kemudian melanjutkan penerbangan dengan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Makassar. di samping itu, Garuda Indonesia juga masuk aliansi Sky Team sehingga telah melakukan code share dengan 20 maskapai penerbangan asing.
 
"Beberapa di antaranya selain China Airlines ada Singapore Airlines, Malaysia Airlines, dan Turkish Airlines. Jadi kalau penumpang mereka mau terbang di Indonesia, ya pakai maskapai kita," kata dia.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif