Almarhum BJ Habibie. FOTO: MI/Ramdani.
Almarhum BJ Habibie. FOTO: MI/Ramdani.

Mendag: Habibie Sosok Visioner

Ekonomi bj habibie
Suci Sedya Utami • 11 September 2019 20:22
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita turut berduka atas kepergian Presiden ke tiga RI BJ Habibie. Enggar memandang Habibie merupakan sosok yang visioner.
 
Ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Enggar mengatakan Habibie selalu berpikir jauh ke depan. Habibie memiliki pemikiran yang maju melebihi masanya.
 
"Sebagai contoh kita enggak bisa berpikir membuat pesawat, tapi beliau membuat pesawat yang sekarang kita bisa merasakan. Visinya jauh ke depan," kata Enggar, Rabu, 11 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata Enggar, Habibie juga membawa Indonesia pada era reformasi. Dia bilang, Habibie ikut andil dalam memajukan sistem demokrasi di Indonesia. Termasuk dalam beberapa tahun belakangan, Habibie juga ikut serta mengingatkan para penerus bangsa akan persatuan dan kesatuan RI agar tidak tercerai berai.
 
Di sisi personal, Enggar menilai Habibie merupakan pribadi yang ramah. Ia bilang ketika keduanya sama-sama berada di Partai Golkar, kala itu Habibie menjadi dewan pembina partai dan dirinya menjadi wakil bendahara umum. Habibie merupakan sosok yang tidak pilih kasih atau membeda-bedakan orang.
 
"Bangsa ini kehilangan, kita semua kehilangan putra bangsa yang terbaik, bapak bangsa yang pernah memimpin bangsa ini," jelas Enggar.
 
BJ Habibie tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Ia wafat di usia 83 tahun.
 
Habibie sudah seminggu dirawat. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.
 
Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia ini akan dimakamkan di sebelah makam istrinya yang tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif