Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri). FOTO: Zi.Care
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri). FOTO: Zi.Care

Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan Digital

Ekonomi kemenkes
Angga Bratadharma • 14 November 2019 17:19
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan parade inovasi bidang kesehatan 2019 dengan tema 'Membangun Ekosistem Digital Kesehatan untuk Hidup Lebih Sehat'. Upaya tersebut dengan harapan mampu membangun ekosistem terintegrasi yang bisa memicu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan efeknya terhadap kesejahteraan.
 
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambut baik berbagai inovasi di bidang kesehatan. Diharapkan inovasi ini mampu membangun ekosistem terintegrasi yang baik, tingkatkan kinerja, efisiensi dan efektivitas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Harapannya kualitas SDM bisa mendukung laju perekonomian.
 
Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan yang terpercaya, Kemenkes meluncurkan aplikasi konsultasi kesehatan online secara gratis bernama SehatPedia. Aplikasi ini bisa digunakan seluruh masyarakat dengan mengunduh di Android Playstore. Selain itu, dalam waktu dekat aplikasi ini juga akan tersedia untuk versi iOS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap inovasi-inovasi yang dikembangkan mampu membangun ekosistem integrasi yang baik, meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan dapat benar-benar diimplementasikan," jelas Terawan, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
 
Kemenkes meluncurkan SehatPedia sebagai salah satu cara untuk menyesuaikan program dengan industri 4.0. Pasalnya akses informasi kesehatan mudah didapatkan oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Aplikasi ini akan memfasilitasi masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter-dokter dengan beragam spesialis dari 33 rumah sakit vertikal Kemenkes.
 
Selain itu tersedia pula artikel tentang kesehatan, kebijakan pemerintah terkait layanan kesehatan, dan informasi terkait rumah sakit pemerintah di Indonesia. Untuk mewujudkan SehatPedia yang handal, Kemenkes telah bersinergi dengan Zi.Care dan lima startup bidang kesehatan lainnya untuk mengembangkan SehatPedia 2.0.
 
Sinergi tersebut diwujudkan dalam bentuk Nota Kesepahaman yang menyatakan bahwa Zi.Care akan mendukung aspek pengembangan teknologi dari platform SehatPedia. Zi.Care menyadari bahwa empat pilar pelayanan kesehatan harus diprioritaskan sama besar demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat jiwa dan raga.
 
CEO Zi.Care Jessy Abdurrahman menyampaikan sebagai pionir bagi ekosistem pelayanan kesehatan yang berfokus pada curing dan rehabilitating, Zi.Care melihat SehatPedia akan dapat membantu pemerintah dalam kegiatan promoting dan preventing untuk mencapai pelayanan kesehatan yang paripurna.
 
Menurut Jessy SehatPedia akan mengisi dua pilar pertamanya yaitu promosi kesehatan dan pencegahan penyakit atau promoting dan preventing. Oleh karena itu pada 2019 ini, Zi.Care secara totalitas membantu pengembangan SehatPedia 2.0.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif