Ilustrasi gedung Bulog. FOTO: Medcom.id.
Ilustrasi gedung Bulog. FOTO: Medcom.id.

Suntikan Modal Negara ke Bulog Dinilai Tidak Optimal

Ekonomi bulog
Eko Nordiansyah • 06 Desember 2019 20:11
Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menyebutkan, penyertaan modal negara (PMN) kepada Perum Bulog tidak optimal. Padahal dalam beberapa tahun belakangan ini Perum Bulog selalu mendapatkan suntikan modal dari pemerintah.
 
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata menyebutkan PMN yang diberikan kepada Bulog pada 2015 dan 2016 tidak digunakan secara baik. Padahal PMN yang diberikan saat itu sesuai dengan proposal yang diajukan oleh Bulog.
 
"Kita ikuti apakah sudah digunakan PMN tadi sesuai proporal waktu mereka meminta PMN itu jadi sebatas itu pengamatannya. Dan Bulog ini termasuk salah satu BUMN yang pemanfaatan PMN-nya tidak optimal," kata dia di Kantor DJKN, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya itu, Isa menambahkan, PMN yang diberikan kepada Bulog pada tahun ini juga belum dimanfaatkan secara optimal. Tahun ini Bulog mendapatkan suntikan dana sebesar Rp2 triliun dari pemerintah, namun laporan keuangannya masih rugi.
 
"Tapi yang jelas PMN yang diberikan pemerintah kalau tidak salah 2019 itu pemanfaatannya masih sangat rendah. Jadi agak ironis ini ya. Di satu sisi ada informasi seperti itu lho kok ada PMN di situ, kok belum dimanfaatkan," jelasnya.
 
Dirinya menambahkan, pengawasan dan pembinaan operasional serta kinerja Bulog ada di bawah kendali Kementerian BUMN. Namun demikian, Kementerian Keuangan akan melihat apakah pemanfaatan suntikan modal yang diberikan kepada perusahaan BUMN selama ini sudah optimal.
 
"Secara umum enggak hanya Bulog, (BUMN) yang lain-lain itu pada akhirnya kita memang harus memutuskan apakah ini kita butuhkan apa enggak ke depan. Prospeknya ada atau enggak," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif