Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan). FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan). FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Pengusaha Harus Lebih Optimistis di Tengah Tantangan Global

Ekonomi ekonomi global
Eko Nordiansyah • 31 Oktober 2019 14:01
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak para pengusaha untuk lebih optimistis lagi. Meskipun tantangan perekonomian global yang masih diliputi ketidakpastian membuat dunia usaha masih wait and see dalam berinvestasi menjalankan bisnisnya.
 
Sri Mulyani mengakui perekonomian sepanjang tahun ini tidaklah mudah. Perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok sampai kebijakan proteksionisme yang dijalankan Presiden AS Donald Trump membuat perekonomian global direvisi berkali-kali sampai ke level tiga persen.
 
"Kalau pertumbuhan perdagangan internasional begitu rendah dan ekonomi dunia juga direvisi ke bawah secara psikologis juga memegaruhi," kata dia dalam CEO Networking 2019, di Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, Indonesia tetap mampu menjaga pertumbuhan ekonomi. Rata-rata ekonomi Indonesia tumbuh sekitar lima persen atau lebih. Padahal bukan hanya kondisi global yang tidak pasti saja, tetapi harga komoditas yang naik turun juga memengaruhi perekonomian Indonesia.
 
"Artinya Indonesia ada kemampuan menjaga karena ukuran ekonomi kita cukup besar dan salah satu daya tarik investment, size market kita bagus, ekonomi mampu menjadi insurance untuk menopang saat global environment tidak pasti," jelas dia.
 
Sri Mulyani meminta pengusaha untuk tidak ragu dalam menghadapi tantangan global yang ada. Terlebih pemerintah tidak tinggal diam dengan memberikan berbagai stimulus. Langkah ini diharapkan memberi kepercayaan bagi para pengusaha untuk tetap optimistis menjalakan bisnisnya.
 
"Kami dari sisi otiritas policy sangat sadar dalam lingkungan global lemah tidak pasti domestic demand harus dijaga dan diperkuat. Fiscal policy kita katakan stance-nya melakukan countercyclical dan stimulasi untuk reverse psikologinya," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif