Teten Masduki resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Foto  : MI/Susanto.
Teten Masduki resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Foto : MI/Susanto.

Teten Masduki dari Aktivis Hingga Mengurusi Ekonomi Rakyat

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf umkm kementerian koperasi dan ukm
Ilham wibowo • 23 Oktober 2019 10:27
Jakarta: Aktivis Teten Masduki resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Mantan Kepala Staf kepresidenan ini mengisi posisi yang sebelumnya diisi Anak Agung Gede Puspayoga.
 
Pria kelahiran Garut, Jawa Barat, 6 Mei 1963 ini tercatat menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) periode 2017-2022. Terlahir dari keluarga petani, masa kecil Teten dihabiskan di Kecamatan Balubur Limbangan, Garut, Jawa Barat. Setamat dari SMAN 1 Garut ia kuliah di IKIP Bandung, mengambil jurusan kimia.
 
Nama Teten mencuat ketika memimpin Indonesia Corruption Watch (ICW) membongkar kasus suap yang melibatkan pejabat negara. Berkat kegigihannya mengungkap kasus tersebut, Teten dianugerahi Suardi Tasrif Award 1999.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun 2012 Teten memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur mendampingi Rieke Diah Pitaloka dalam Pilgub Jawa Barat 2013. Namun pasangan Paten ini hanya mampu berada di posisi dua dari lima pasangan calon.
 
Karir Teten tak berhenti di situ, pada 2 September 2015 ia terpilih menjadi Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Luhut Panjaitan yang bergeser pos kementerian. Jabatan yang diemban Teten itu kemudian digantikan Moeldoko pada awal 2018.
 
Tugas yang diemban Teten termasuk strategis karena sektor UKM berkontribusi sekitar 65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dengan serapan tenaga kerja sebesar 96 persen. Kekuatan UKM juga yang membuat daya tahan konsumsi domestik indonesia kuat saat menghadapi melemahnya ekonomi global.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif