Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. Foto : Medcom/Annisa Ayu Artanti.
Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. Foto : Medcom/Annisa Ayu Artanti.

Pengusaha Lebih Peka Peluang Usaha Ketimbang Birokrat

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf
Annisa ayu artanti • 21 Oktober 2019 14:14
Jakarta: Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro menilai pemerintahan Joko Widodo jilid II membutuhkan orang-orang yang berpengalaman dan mampu mengekesekusi kerja-kerja kabinet periode sebelumnya.
 
Ari menyebutkan, salah satu calon menteri yang sudah menyatakan kesiapannya menjadi menteri kabinet kerja jilid II adalah Nadiem Makarim. Menurutnya, sosok Nadiem sebagai seorang pengusaha akan lebih memahami peluang pengembangan ekonomi nasional kedepannya.
 
"Nah, kalau pengusaha bisa lihat itu. yang tidak bisa dilihat birokrat. kenapa? Karena birokrat hanya tertarik kepada outputnya. Tapi mengisi teka teki ini diperlukan pengusaha," kata Ari di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun bicara mengenai konflik kepentingan yang kerap muncul ketika seorang pengusaha mendapat posisi penting dalam pemerintahan. Hal ini, menurutnya, bisa diminimalisir dengan pensiun dini di perusahaan sebelumnya.
 
"Saya rasa itu bisa diatur. Misalnya pensiun sementara dari perusahaannya," ucap dia.
 
Di Komplek Istana Negara, CEO Gojek Nadiem Makarim mengakui telah ditawari kursi menteri oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu pengusaha startup ini pun menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanah tersebut dan mendukung visi presiden Jokowi selama lima tahun kedepan.
 
"Saya sudah menerima secara formal (posisi menteri di kabinet periode kedua)," kata Nadiem.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif