Perinus Tekan Kontrak Ekspor Tuna USD15 Juta

Rizkie Fauzian 27 Oktober 2018 18:33 WIB
perikanan
Perinus Tekan Kontrak Ekspor Tuna USD15 Juta
Direktur Keuangan Perinus Ridwan Zachrie (batik biru). (FOTO: Medcom.id/Rizkie Fauzian)
Tangerang: Perusahaan Perikanan Nusantara (Perinus) bakal memasok kebutuhan ikan tuna di Jepang. Hal tersebut dipastikan setelah adanya penandatanganan kerja sama perdagangan dengan Food Trade Industry (FTI) Japan.

"Jadi ini kontrak untuk ekspor produk tuna ke Jepang, yang jadi buyer-nya FTI Jepang. Ikan yang diekspor mencapai 1.500 ton dengan nilai kontrak USD15 juta," kata Direktur Keuangan Perinus Ridwan Zachrie di Trade Expo Indonesia (TEI), ICE BSD Tangerang, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Menurut Ridwan kerja sama tersebut sebagai tindak lanjut dari kesepakatan di Japan International Seafood Technology Expo (JISTE) yang berlangsung di Tokyo, Jepang,pada 22-24 Agustus 2018.

"Ini menindaklanjuti kesepakatan pada Agustus lalu saat kami mengunjungi pameran di Tokyo. Kita sepakati akan melakukan kerja sama ekspor tuna. Hari ini kita realisasikan dalam bentuk kontrak. Nanti ekspornya akan dilakukan secara berkala," jelasnya.

Pada tahap pertama, 300 ton ikan tuna akan diekspor pada November dengan nilai transaksi USD2,17 juta. Selanjutnya ekspor ikan tuna akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

"Initial export (ekspor awal) kita lakukan untuk tuna jenis loin fresh sebanyak 20 ton dengan nilai transaksi USD260 ribu. Komoditas lainnya yang berpotensi kita ekspor juga ke FTI ada gurita, cumi dan sotong," ungkap Ridwan.

CEO dan President FTI Japan Narumi Kentaro mengatakan kerja sama perdagangan ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Pihaknya berharap kerja sama ini berlangsung jangka panjang.

"Kemungkinan fokus kita di ikan tuna dulu, karena Indonesia kan paling banyak ikan tuna untuk bisa memenuhi pasar Jepang, karena hampir 99 persen orang Jepang makan ikan tuna," pungkasnya.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id