Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Bulog Resmi Punya Supermall Pangan Online

Ekonomi pangan bulog
Ilham wibowo • 26 November 2019 10:56
Jakarta: Perum Bulog resmi meluncurkan Supermall yang dijalankan secara daring atau online melalui platform e-commerce.Fasilitas sarana penjualan beras komersial dengan nama lapak Panganandotcom ini jadi yang pertama di Indonesia.
 
Peresmian dilakukan langsung Dirut Bulog Budi Waseso (Buwas) di Kompleks Pergudangan Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara. Turut hadir Executive Chairman DNR Corporation yang juga sebagai President Director PT. Istoreisend Elogistic Indonesia Rudy Tanoesoedibjo, Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, serta Presiden Director PT. JNE Indonesia Mohamed Feriadi.
 
"Ini adalah jawaban dari program Presiden Joko Widodo, Bulog wajib respons yaitu ketahanan pangan," kata Buwas dalam sambutannya, Selasa, 26 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kolaborasi ini dibangun atas dasar pengamatan pada platform e-commerce yang potensi transaksinya terus meningkat di Tanah Air. Kolaborasi dengan e-commerce pun dinilai ampuh untuk menjangkau pengiriman logistik dengan ongkos yang efisien.
 
"Kita sinergi dengan kekuatan yang ada termasuk pemanfaatan teknologi, ini membuktikan bahwa Bulog punya kemampuan dan mampu wujudkan itu selama terdukung dan didukung," ungkapnya.
 
Buwas menuturkan tantangan di era industri 4.0 juga memerlukan kolaborasi kekinian agar tidak tertinggal. Bisnis saat ini, kata dia, sudah tidak bisa lagi menggunakan pola kompetisi seperti sebelumnya, akan tetapi perlu menciptakan iklim baru yang mendukung inovasi, pertumbuhan dan memperoleh nilai tambah bersama.
 
"Panganandotcom diharapkan menjadi king market atau supermall bahan pangan online yang terbesar di seluruh lndonesia, sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari dengan mudah dengan biaya pengiriman yang murah," ujarnya.
 
Dia menambahkan Panganandotcom diciptakan sebagai salah satu upaya Bulog untuk dapat menyukseskan program bantuan pangan Pemerintah melalui pemanfaatan teknologi digital. "Harapannya, penerima bantuan dapat memperoleh bahan pangan dengan mudah dan harga yang sama di seluruh wilayah Indonesia," ungkapnya.
 
Pada peresmian ini Perum Bulog juga memperkenalkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organik. Selain itu Bulog juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan delapan kandungan nutrisi.
 
"Ini akan angkat derajat petani, kita kemas sedemikian rupa dan dijual dengan harga bagus, petani hanya fokus produksi saja," ungkap matan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini.
 
Dalam kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Perum Bulog dengan BRI tentang Paket Nature Karyawan BRI seluruh Indonesia dan juga antara Perum Bulog dengan BNI tentang Pengadaan Komoditi untuk Program Healthy Lifestyle for Hi-Movers yaitu penyediaan paet pangan untuk 25 ribu pegawai BNI di seluruh Indonesia dan melibatkan Panganandotcom.
 
Buwas berharap Panganandotcom dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat dalam pemenuhan pangan pokok berkualitas, sehingga terwujud ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.
 
"Kita coba untuk teman-teman di BNI dan BRI, berhasil dan dapat pengakuan beras Bulog punya kualitas mutu yang baik. Kita butuh penilaian untuk koreksi apa kekurangan selama ini," pungkasnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif